Mengenal Lebih Detail Teknologi Nissan e-POWER

Kamis, 17 Agustus 2023 - 17:24 WIB
loading...
Mengenal Lebih Detail Teknologi Nissan e-POWER
Nissan e-POWER. FOTO/ DOK SINDOnews
A A A
Nissan menjadi merek pertama pabrikan otomotif asal Jepang dan di dunia yang memperkenalkan teknologi mobil listrik tanpa perlu pengisian daya baterai melalui plug-in charger.



Teknologi Nissan e-POWER pertama kali diperkenalkan pada Nissan Kicks yang telah diluncurkan sejak September 2020.

Hingga saat ini Nissan Kicks e-POWER telah mendapat beberapa pembaharuan serta peningkatan termasuk teknologi e-POWER.

1. Apa itu Nissan e-POWER ?


Teknologi Nissan e-POWER terdiri dari mesin bensin yang terintegrasi dengan inverter dan sepenuhnya digerakkan oleh motor listrik.

e-POWER adalah powertrain listrik 100% dengan memanfaatkan pengembangan dari teknologi kendaraan listrik (EV) Nissan Leaf serta penambahan mesin bensin untuk mengisi baterai bila diperlukan.

Hal inilah yang membuat Nissan e-POWER tidak membutuhkan pengisian daya eksternal namun tetap memberikan Sensasi berkendara layaknya EV. Akselerasi instan, torsi besar, tarikan responsif serta berkendara senyap khas EV juga dapat dirasakan pada teknologi e-POWER.

2. Perbedaan e-POWER, Hybrid Konvensional dan BEV


Sistem e-POWER menawarkan penggerak motor listrik penuh, artinya roda sepenuhnya digerakkan oleh motor listrik.

e-POWER terdiri dari bateri bertenaga besar dan powertrain yang terintegrasi dengan mesin, generator listrik, inverter dan motor listrik. Mesin bensin tidak terhubung ke roda dan hanya bertugas untuk mengisi baterai jika diperlukan.

Dalam sistem hybrid konvensional, roda digerakkan oleh mesin bensin dan motor listrik secara bergantian. Sama dengan Battery Electric Vehicle (BEV), penggerak roda 100% berasal dari motor listrik yang bersumber dari baterai.

3. Manfaat e-POWER


Dari penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa e-POWER memberikan sejumlah dampak positif terhadap pengaplikasiannya pada produk Nissan.

Selain torsi besar dan instan, e-POWER dapat meningkatkan respon berkendara dan menghasilkan akselerasi yang halus.

Berkendara dengan teknologi e-POWER dapat memberikan kesenyapan 100% khas mobil listrik serta menawarkan efisiensi bahan bakar yang jauh lebih baik karena mesin bensin hanya bekerja saat mengisi baterai secara otomatis serta hemat waktu karena tidak perlu menunggu ketika pengisian daya baterai.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2398 seconds (0.1#10.140)