Hino Indonesia Academy, Solusi Atasi Krisis Ketersediaan Garda Terdepan Distribusi

Minggu, 20 Agustus 2023 - 17:16 WIB
loading...
Hino Indonesia Academy, Solusi Atasi Krisis Ketersediaan Garda Terdepan Distribusi
Hino Indonesia Academy pada 2024 akan mencetak sebanyak 800 sopir truk dan bus berkualitas. Foto/DOK. HMSI
A A A
JAKARTA - Indonesia merupakan surga tenaga kerja. Jumlah tenaga kerja yang ada di Tanah Air sangat melimpah. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah angkatan kerja berdasarkan Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) pada Agustus 2022 sebanyak 143,72 juta orang, naik 3,57 juta orang dibanding Agustus 2021.

Ironisnya, meski punya angkatan kerja yang melimpah, Indonesia disebut masih kekurangan sekitar 15 persen-20 persen pengemudi atau sopir truk kompeten yang memiliki pengetahuan, kemampuan, dan sikap yang mumpuni.

Artinya bila satu perusahaan memiliki 100 truk, maka sekitar 15-20 unit akan menganggur atau down time setiap bulannya karena ketiadaan sopir yang kompeten. Padahal peranan sopir tidak bisa dipandang sebelah mata.

Profesi sopir memang tidak bisa dianggap enteng. Sepertinya muatannya yang berat, sopir juga memegang peranan yang besar dalam berjalannya roda perekomian Indonesia.

Hal itu yang kemudian coba dibidik oleh PT Hino Motors Sales Indonesia ( HMSI ) dengan membuka program prakerja, Hino Indonesia Academy. Dalam diskusi panel bertajuk Hino Indonesia Academy Berkontribusi untuk Program Pelatihan di Ekosistem Prakerja di Gaikindo Indonesia International Auto Show 2023 (GIIAS), pekan ini, Santiko Wardoyo, COO Director PT HMSI memebenarkan peranan sopir truk dan bus tidak boleh dipandang sebelah mata.

Dia mengatakan Pelatihan yang diselenggarakan oleh Hino Indonesia Academy di Program Ekosistem Prakerja diharapkan dapat membantu mengatasi masalah pengangguran. Lewat program itu Hino memberikan kesempatan bagi individu untuk memiliki keterampilan yang dibutuhkan dalam industri yang berkembang pesat ini.



Hino Indonesia Academy, Solusi Atasi Krisis Ketersediaan Garda Terdepan Distribusi


"Selain itu, dengan memiliki pengemudi yang terlatih dengan baik, diharapkan tingkat kecelakaan dan risiko dalam transportasi dapat ditekan, menjadikan transportasi di Indonesia lebih aman dan nyaman bagi semua pihak," jelasnya.

Hino Indonesia Academy yang digagas Hino memang perlu diapresiasi. Lewat program itu diselenggarakan pelatihan mengemudi truk dan bus yang tidak hanya memberikan keterampilan praktis kepada peserta, tetapi juga membantu mereka memperoleh pengetahuan yang diperlukan untuk menghadapi tantangan di industri transportasi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3171 seconds (0.1#10.140)