5 Tanda Aki Motor Tidak Mengisi dan Cara Mengatasinya

Jum'at, 25 Agustus 2023 - 08:00 WIB
loading...
5 Tanda Aki Motor Tidak Mengisi dan Cara Mengatasinya
Tanda aki motor tidak mengisi perlu diperhatikan pemilik kendaraan. Foto/dok Evalube
A A A
JAKARTA - Tanda aki motor tidak mengisi dengan benar perlu diperhatikan pemilik kendaraan. Salah satu komponen penting dalam motor ini berfungsi sebagai sumber energi untuk menghidupkan mesin dan menyuplai listrik berbagai sistem.

Namun, ada kalanya aki motor tidak berfungsi dengan baik. Ini bisa menjadi masalah yang cukup menjengkelkan, terutama jika terjadi di saat yang tidak tepat.

Berikut ini tanda-tanda aki motor mungkin tidak mengisi, beserta beberapa cara mengatasinya.

Tanda Aki Motor Tidak Mengisi


1. Mesin Motor Sulit Menyala


Tanda pertama yang perlu Anda perhatikan ketika mesin motor yang sulit untuk dinyalakan. Jika Anda mengalami kesulitan dalam menghidupkan motor yang sudah dicoba beberapa kali, kemungkinan besar ada masalah pada aki. Aki yang melemah atau habis daya dapat menjadi penyebabnya.

2. Cahaya Lampu yang Redup


Jika lampu-lampu motor menjadi redup saat mesin dihidupkan, ini dapat menjadi indikasi bahwa aki tidak mengisi dengan baik. Aki yang baik seharusnya mampu menyediakan cukup daya untuk menjaga kinerja lampu-lampu ini tetap terang.

3. Bunyi Klakson Lemah


Ketika bunyi klakson menjadi lemah atau terdengar cempreng, ini bisa menandakan bahwa aki motor Anda tidak dalam kondisi yang baik. Klakson memerlukan cukup daya untuk berfungsi dengan baik, dan aki yang melemah tidak dapat memberikan daya yang cukup.

4. Starter Motor Lambat


Starter motor yang berputar dengan lambat saat Anda mencoba menghidupkan mesin juga bisa menjadi tanda bahwa aki tidak mengisi. Starter motor membutuhkan daya yang cukup besar untuk memutar mesin. Aki yang lemah tidak mampu menyediakan daya tersebut.

5. Kehilangan Daya Secara Perlahan


Jika motor Anda kehilangan daya secara perlahan dalam hal akselerasi atau kecepatan maksimal, ini bisa jadi akibat aki yang tidak bekerja dengan baik. Aki yang melemah akan berpengaruh pada sistem pengapian dan bahan bakar, sehingga kinerja motor menjadi terganggu.

Cara Mengatasi Masalah Aki Motor yang Tidak Mengisi


1. Pengecekan Tegangan Aki


Gunakan alat pengukur tegangan untuk memeriksa apakah aki masih memiliki tegangan yang cukup. Tegangan yang rendah menandakan bahwa aki perlu diisi ulang atau diganti.

2. Pengecekan Cairan Aki


Pastikan bahwa cairan elektrolit dalam aki berada pada level yang tepat. Jika cairan aki kurang, tambahkan air distilasi dengan hati-hati.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2427 seconds (0.1#10.140)