Dukung Pertumbuhan Ekonomi, Isuzu Sodorkan Beragam Solusi

Jum'at, 25 Agustus 2023 - 20:11 WIB
loading...
Dukung Pertumbuhan Ekonomi, Isuzu Sodorkan Beragam Solusi
Isuzu menegaskan komitmennya untuk terus memenuhi kebutuhan kendaraan komersial dalam rangka menopang pertumbuhan ekonomi nasional. Foto: Sindonews/Anton Chris
A A A
JAKARTA - Transportasi logistik dapat membantu sektor lain ikut bertumbuh, termasuk menstabilkan ekonomi nasional. Namun demikian, masih mahalnya biaya logistik membuat distribusi barang masih belum merata sehingga terjadi ketimpangan harga di berbagai wilayah.

Salah satu solusi membuat biaya logistik murah adalah insentif pembelian armada . “Dengan adanya insentif maka pengusaha logistik bisa melakukan peremajaan armada yang lebih ramah lingkungan,” ujar PT Lookman Djaja Logistics Kyatmaja Lookman kepada SINDOnews, Kamis (24/8).

Lookman yang merupakan Ketua Umum Kamselindo, asosiasi perusahaan yang bergerak di bidang angkutan barang logistik itu menegaskan, para pengusaha butuh insentif agar bisa mengganti armadanya lebih baik dan lebih ramah lingkungan. Sebab, tak semua pengusaha memiliki anggaran untuk melakukan peremajaan.

“Pemerintah perlu mengeluarkan insentif untuk peremajaan sehingga bisa ada kendaraan baru yang ramah lingkungan. Kalo truk masih pake non Euro maka polusi akan tetap tinggi, utiitisasi rendah dan mencemari lingkungan,” tegasnya.

Beruntung, kata dia, perusahaannya menggunakan kendaraan komersial dari Isuzu, salah satunya Isuzu ELF NMR. “Saya pengguna Isuzu, dari durabilitasnya tak diragukan, juga dari sisi ramah lingkungannya,”ungkapnya.

Truk medium, kategori dua, dan kategori tiga sekarang banyak digunakan oleh perusahaan angkutan maupun perorangan yang memiliki beberapa unit untuk menopang usahanya.

“Isuzu merupakan kendaraan dengan teknologi cukup matang. Sudah cukup membuktikan kualitas kendaraannya, biaya perawatan terjangkau. Dari sisi kualitas produk sudah terbukti,” paparnya.

Dia menambahkan, selama memiliki dan mengoperasikan truk Isuzu, tak ditemui kendala yang berarti. “Cukup reliable dan tidak rewel, setiap saat bisa diandalkan, untuk medan manapun di Indonesia relatif cocok, sangat fleksibel, sesuai dengan kondisi cuaca di Indonesia. Mesin Common Rail dikenal rawan terhadap kelembaban, ternyata mesin Isuzu tidak masalah dioperasikan dimana pun. After Sales Service-nya pun mengesankan,” sebutnya.

Agar pengusaha lain bisa mengganti armada lebih baik, Lookman mengatakan, perlu dibuat ekosistem di sektor logistik. “Kendaraan yang kita gunakan merupakan hal yang penting. Pemerintah perlu mengeluarkan insentif untuk peremajaan sehingga bisa ada kendaraan baru yang ramah lingkungan,” tegasnya.

Senada Lookman, Johan Subroto, memiliki empat unit kendaraan komersial Isuzu. Dua Isuzu Elf NLR dan dua unit Isuzu Traga Pickup. “Empat armada itu kami gunakan untuk jasa angkutan barang di kawasan Jabodetabek,” paparnya kepada SINDONews.

Bagi Johan, mobil komersial lansiran Isuzu itu, selain memiliki kapasitas angkut yang besar, juga irit bahan bakar dan ramah lingkungan. “Isuzu dikenal sebagai rajanya diesel. Produk-produknya mendukung bisnis para pelaku usaha,”cetusnya.

Dia berpendapat, isu pencemaran udara menjadi perhatian para pelaku usaha transportasi logistik. Karenanya, lanjut dia, dirinya memilih menggunakan kendaraan yang sudah teruji.

“Dari sisi ramah lingkungan, menurut saya semua produk Isuzu sudah memenuhi kriteria itu. Ketersediaan spare part juga sangat aman sehingga unit tidak pernah mengalami kendala yang berarti,” cetusnya.

Menekan Biaya, Lebih Efisien

Isuzu sendiri menegaskan komitmennya untuk terus memenuhi kebutuhan kendaraan komersial dalam rangka menopang pertumbuhan ekonomi nasional.
Penegasan itu juga disampaikan saat perhelataan Gaikindo Indonesia Internatonal Auto Show (GIIAS) 2023 yang berakhir 20 Agustus 2023 pekan lalu.

“PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) tentunya mengoptimalkan pelayanan terbaik ke konsumen,” tegas Deputy Business Operation Division Head PT IAMI Moses Kosasih dalam keterangan resminya,

Dia mengungkapkan, bahwa banyak pelaku usaha yang merasa puas setelah menggunakan Isuzu sebagai armada transportasinya. Salah satunya, PT Albatros Logistik express yang bergerak di bidang rental truk. Selama menggunakan truk Isuzu tidak pernah mengalami masalah.

“Kami berangkat bermain di sektor transportasi mulai 2016 dan pada saat itu kami menggunakan unit merk lain dan pada 2018 akhir mulai mencoba menggunakan Isuzu,” ujar Direktur PT Albatros Logistik express Agus Ariadi.

Menurut Agus, menggunakan kendaraan Isuzu tentunya sesuai dengan visi dan misi perusahaan yang melayani dengan kerendahan hati, dan memberikan kepuasan kepada pelanggan. “Tujuan akhirnya adalah penekanan cost dan efficiency delivery, sehingga kami dapat ikut membantu perkembangan pelanggan kami,” tutur Agus.

Beragam Tipe Kendaraan Niaga

Isuzu pun menyodorkan beragam model kendaraan niaga yang cocok dengan kondisi alam dan karakter konsumen di Indonesia. Salah satunya, Isuzu Traga yang dapat menjadi mitra para pengusaha di berbagai sektor usaha.

Di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023, Isuzu bekerja sama dengan Sunpride sebuah merek ternama buah-buahan lokal, mempersembahkan sebuah konsep Food Truck buah atau bisa disebut dengan Fruit Truck yang istimewa.

Kehadiran Fruit Truck di booth Isuzu di GIIAS 2023, tak lain untuk menghadirkan contoh kreativitas serta inspirasi bagaimana menyajikan bisnis dengan gaya hidup yang sehat lewat sajian menu buah-buahan.

“Konsep kolaborasi ini memang kita adakan untuk mempelajari market ini, melalui kegiatan pameran GIIAS. dari Isuzu sendiri, kami menggunakan isuzu traga sebagai based konsep fruit truck ini, karena kami nilai kendaraan ini cocok baik kapasitas maupun kebutuhan mobilitas customer,” ujar Dept Head Marketing Strategy Management PT IAMI Arvin Sumbung.

Bengkel Berjalan

Tak hanya itu, untuk melayani para pemilik kendaraan komersial Isuzu, IAMI juga menghadirkan layanan Bengkel Isuzu Berjalan (BIB) yang menjadi solusi guna menjangkau konsumen di seluruh pelosok Indonesia.

Layanan yang dihadirkan meliputi servis berkala hingga engine overhaul dan penanganan kerusakan unit Isuzu lainnya. Tak hanya tools yang lengkap, armada BIB juga dibekali spare parts atau suku cadang Isuzu.

Hingga saat ini, sebanyak 154 unit BIB yang siap sedia ditugaskan ke tempat usaha para konsumen. Dan kedepannya, jumlah armada BIB pasti akan terus ditambah.

“Jumlah BIB telah mencapai 154 unit per bulan Juni 2023, tersebar di 89 Kota atau Kabupaten. Dan bisa dipastikan jumlah unit BIB akan terus bertambah kedepannya,” jelas Parts and Service Business Solution Division Head, PT IAMI Budhi Prasetyo.

Layanan BIB ini sanggup ditugaskan sampai radius luar kota. Hal ini merupakan bentuk layanan yang lebih personal dengan memposisikan konsumen sebagai mitra usaha Isuzu.

“Di bisnis Commercial Vehicle (CV) konsepnya berbeda dengan passanger cars. Kalau di CV, mobil-nya beroperasi terus. Karena untuk usaha logistik misalnya critical goods, Konsumen beli mobil Isuzu untuk cari uang dan kalau unitnya berhenti customer akan rugi. Jadi kita yang harus melayani customer, kalau ada kendala kita yang berusaha menjangkaunya, dimanapun dan kapanpun,” tegas Budhi. “Kedepannya layanan coverage network BIB juga akan terus ditingkatkan, terutama di daerah lintasan truk,”imbuhnya.

Artinya, area di sepanjang jalur logistik seluruh Indonesia telah dijangkau layanan BIB. “Pinsipnya kita tidak ingin menyusahkan konsumen, tujuannya agar bisnis lancar dan layanan selalu prima,” tegasnya.

Kelebihan Bengkel Isuzu Berjalan dibandingkan bengkel tradisional, diantaranya, mekanik Isuzu bersama unit BIB datang ke lokasi konsumen. Sehingga konsumen lebih menghemat tenaga, waktu hingga biaya. Dengan begitu, konsumen dapat menghindari resiko bengkel penuh antrian, tutup, atau kehabisan stok spare parts.

Sedangkan Business Strategy Div. Head PT IAMI Attias Asril mengatakan, untuk memenuhi beragam kebutuhan pengusaha terutama sektor logistik, Isuzu melakukan kolaborasi dengan karoseri.

“Ekosistem industri karoseri memiliki posisi yang penting sebagai partner Isuzu dalam menyediakan produk dan layanan sesuai dengan kebutuhan custom,” paparnya. Kolaborasi itu juga sebagai wujud komitmen Isuzu untuk selalu mendukung kebijakan pemerintah untuk Zero ODOL, memastikan kendaraan tidak Overload dan Overdimension.

Attias menilai, ekosistem industri karoseri memiliki posisi yang penting sebagai partner Isuzu dalam menyediakan produk dan layanan sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Beberapa karoseri yang berkolaborasi dengan Isuzu diantaranya Laksana, New Armada, Tentrem, Hodracle Perkasa (adr), PT Mitra Toyotaka Indonesia, PT Antikaraya Builder, PT Sukses Mandiri, dan lainnya.



Attias pun mengapresiasi kepercayaan besar konsumen terhadap produk Isuzu. Termasuk saat perhelatan GIIAS 2023 dimana Isuzu berhasil menjual 757 unit kendaraan, meningkat dibandingkan GIIAS 2022 yang hanya 589 unit kendaraan.

"Tentunya pencapaian ini tidak terlepas dari kepercayaan masyarakat kepada Isuzu. Produk kami berhasil diterima dengan baik, termasuk juga layanan aftersales service" ujar Attias.

Unit kendaraan Isuzu yang terlaris di GIIAS 2023, yaitu Isuzu ELF dengan total penjualan sebanyak 391 unit, Isuzu Giga 176 unit, dan Isuzu Traga dengan total penjualan 103 unit, Isuzu mu-X 46 unit dan IsuzuD-MAX41unit.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.4192 seconds (0.1#10.140)