Dijamin Lolos Uji Emisi, Lakukan 8 Tips Merawat Mobil Berikut Ini!

Minggu, 27 Agustus 2023 - 19:56 WIB
loading...
Dijamin Lolos Uji Emisi, Lakukan 8 Tips Merawat Mobil Berikut Ini!
Ada sejumlah hal yang bisa dilakukan untuk menjaga agar kendaraan kita tetap terjaga dan lolos uji emisi. Foto: Auto2000
A A A
JAKARTA - Cara merawat mobil agar lolos uji emisi menarik untuk disimak. Ini karena uji emisi kendaraan bermotor tengah digiatkan oleh Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta bekerja sama dengan Dinas Perhubungan DKI Jakarta, seiring memburuknya polusi udara di Jakarta belakangan ini.

Adanya uji emisi kendaraan bermotor ini diharapkan dapat menjadi salah satu upaya membangun kesadaran masyarakat dalam memelihara kendaraan sekaligus menjaga lingkungan.

Seperti diketahui, setiap produsen telah merekomendasikan bahan bakar yang sesuai agar pembakaran di dalam mesin maksimal. Ini membuat emisi menjadi sangat rendah sehingga tak menyebabkan polusi udara.

“Pembakaran yang sempurna bisa menekan angka uji emisi karena minimnya endapan karbon di ruang bakar dari sisa pembakaran yang bermasalah. Yang tidak kalah penting, terjaganya efisiensi akan membuat mesin irit bensin dan performanya selalu optimal,” kata Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000, dalam keterangan resmi.

Untuk itu, penting dalam merawat kendaraan bermotor agar pembakaran di dalam mesin sempurna dan lolos uji emisi. Berikut 8 cara merawat mobil menurut Auto2000.

1. Bersihkan filter udara mesin

Pastikan filter udara dalam keadaan bersih karena akan berpengaruh pada angka Hidrokarbon (Hydrocarbon/HC). Pasokan udara yang kurang akibat filter udara kotor, dapat menghambat udara masuk ke ruang bakar mesin sehingga membuat angka HC semakin tinggi.

2. Pastikan busi dan koil dalam kondisi prima

Sebagai bagian dari sistem pengapian mesin, busi dan koil yang dalam kondisi prima akan memastikan proses pembakaran di dalam ruang bakar berjalan dengan baik. Campuran udara dan bensin akan terbakar sempurna serta tidak meninggalkan jejak residu yang dapat membuat mobil tidak lulus uji emisi.

3. Jaga suhu kerja mesin

Setiap mesin memiliki suhu kerja agar dapat melakukan proses pembakaran dengan optimal. Suhu kerja mesin tidak boleh terlalu rendah atau tinggi dari normalnya supaya campuran bahan bakar sesuai kebutuhan mesin. Untuk itu, sistem pendingin mesin alias radiator harus dapat bekerja dengan baik.

4. Ganti oli mesin secara berkala
Dijamin Lolos Uji Emisi, Lakukan 8 Tips Merawat Mobil Berikut Ini!

Oli yang rusak dapat merembes masuk ke ruang bakar sehingga ikut terbakar dan meningkatkan residu sisa pembakaran. Ini juga dapat membebani kerja mesin sehingga emisi gas buang sulit dikendalikan. Pelumas yang baik juga dapat membantu proses mendinginkan mesin supaya suhu kerjanya terjaga.

5. Jangan modifikasi mesin mobil

Sebagian orang memodifikasi bagian mesin agar membuat mobil lebih responsif. Biasanya, cara memodifikasinya dengan membuat campuran BBM dan udara lebih banyak. Namun, masalahnya cara ini mengakibatkan gas buang lebih kotor sehingga kemungkinan tidak akan lulus uji emisi.

6. Gunakan bensin sesuai rekomendasi

Bahan bakar yang tidak sesuai rekomendasi pabrikan, khususnya dengan nilai oktan lebih rendah juga akan membuat mesin sulit memproses pembakaran dengan baik. Hasilnya, gas sisa pembakaran menjadi lebih kotor dan performa mesin ikut turun.

7. Pastikan kondisi sensor oksigen dan catalytic converter

Sensor oksigen juga harus dalam kondisi bersih dan tidak rusak, mengingat tugasnya sangat krusial untuk menciptakan pembakaran yang sempurna. Perhatikan juga kondisi catalytic converter di knalpot mobil yang bertugas untuk mengubah emisi gas buang beracun menjadi udara bersih.


8. Manfaatkan injector cleaner

Injector cleaner dipakai untuk membersihkan dan mencegah lubang pin injector dari residu sisa pembakaran sehingga sistem bahan bakar selalu bersih. Performa mobil meningkat karena proses pembakaran menjadi lebih sempurna, serta mencegah mesin ngelitik, selalu hemat bensin, dan lulus uji emisi.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2208 seconds (0.1#10.140)