Jadi Mobil Resmi KTT ASEAN, Wuling Air ev Dibalut Livery Batik Khas Betawi

Jum'at, 01 September 2023 - 20:31 WIB
loading...
Jadi Mobil Resmi KTT ASEAN, Wuling Air ev Dibalut Livery Batik Khas Betawi
Mobil listrik Wuling Air ev jadi mobil resmi KTT 2023 yang akan digelar di Jakarta. (Foto: Wuling)
A A A
JAKARTA - Menyambut perhelatan KTT ASEAN di Jakarta pada 5-7 September 2023 mendatang, mobil listrik Wuling Air ev didandani dengan livery khusus motif batik khas Betawi.

Ya, mobil listrik tersebut akan menjadi kendaraan para delegasi selama perhelatan KTT ASEAN.

“Dalam peran kami sebagai Official Car Partner pada KTT ASEAN 2023 di Jakarta, Wuling dengan bangga mengambil bagian dalam inisiatif Indonesia dan dunia menuju masa depan yang lebih hijau,” ujar Dian Asmahani, Brand & Marketing Director Wuling Motors dalam keterangan resmi, Jumat (1/9/2023).

Di dalam motif batik khas Betawi tersebut juga diperlihatkan gambar elang bondol dan melati yang didominasi warna jingga dan ungu tua. Penggunaan elemen batik Betawi, elang bondol, dan melati memang mewakili Jakarta.



Diketahui sejak 1989, Elang bondol dan salak condet dinobatkan sebagai maskot Jakarta. Sebenarnya Elang Bondol dengan nama latin "Haliastur indus" itu merupakan burung migran yang juga terdapat di Australia, India, China Selatan, dan Filipina. Jakarta merupakan salah satu tempat persinggahan tetap burung yang mampu terbang hingga ketinggian 3.000 meter ini.

Selain tertera pada badan bus Transjakarta, maskot Jakarta ini juga dapat ditemui dalam bentuk tugu di hampir semua perbatasan provinsi Jakarta dengan Banten atau dengan Jawa Barat.

Lalu bagaimana dengan melati? Seperti elang bondol, melati, khususnya melati gambir, adalah simbol dari kota Jakarta. Bunga itu tidak hanya hanya indah tetapi juga memiliki manfaat kesehatan sebagai obat.

Bunga khas Jakarta itu, kini menjadi salah satu filosofi akan hadirnya sebuah Transformasi Layanan Kesehatan bagi masyarakat DKI Jakarta.



Untuk kegiatan KTT ASEAN 2023 , Dian Asmahani mengatakan total ada 150 unit Wuling Air ev yang dijadikan mobil dinas. Selama konferensi tingkat tinggi ini berlangsung, Wuling Air ev ditugaskan sebagai kendaraan resmi para delegasi yang berasal dari 22 negara.

Tak hanya itu, Air ev pun akan mendukung keperluan mobilitas para organisasi internasional yang turut hadir di KTT ASEAN 2023 Jakarta.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2427 seconds (0.1#10.140)