4 Tips Lolos Uji Emisi Motor, Jangan Sampai Ketilang!

Sabtu, 02 September 2023 - 12:23 WIB
loading...
4 Tips Lolos Uji Emisi Motor, Jangan Sampai Ketilang!
Tips lolos uji emisi motor penting untuk diketahui pengguna kendaraan. Foto: AHM
A A A
JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mulai memperketat uji emisi , bahkan memberlakukan tilang bagi yang tak lolos. Namun, ini hanya berlaku bagi kendaraan yang usianya di atas tiga tahun.

Untuk menghindari tilang uji emisi caranya cukup mudah. Nah, berikut tipsnya:

1. Perawatan Rutin

Melakukan perawatan rutin pada sepeda motor penting. Ini akan sangat membantu mengurangi emisi yang menjadi penyebab polusi udara. “Rutin melakukan service memiliki banyak keuntungan mulai dari kondisi motor tetap prima dan juga ikut menekan polusi udara,” kata Head of Technical Service Department PT Wahana Makmur Sejati Benedictus F. Maharanto dikutip dalam keterangan resmi.

Secara umum, hasil pembakaran yang dikeluarkan lewat knalpot terlihat ada dua warna yaitu asap putih dan hitam. Warna yang keluar menandakan adanya masalah teknis bagian mesin motor apalagi jika motor yang digunakan dengan tipe 4 tak. Sistem 4 tak adalah mesin yang memang didesain untuk lebih ramah lingkungan dengan menghilangkan asap pembuangan mesin.

2. Menghindari Asap Putih

Tim Senior Training Analyst Wahana, Wahyu Budhi, memberikan beberapa info terkait asap yang dihasilkan motor. Asap putih knalpot lumrah jika dihasilkan dari mesin pembarakan 2 stroke, jika dari mesin 4 Stroke kemungkinan ada beberapa komponen yang bermasalah.

Wahyu menjelaskan ada beberapa penyebab munculnya asap putih seperti silinder comp atau liner mesin yang sudah aus. Ini terjadi akibat pergerakan piston yang bergesekan terus menerus pada saat motor hidup. Selanjutnya kebocoran seal katup, kebocoran ini sering terjadi jika seal katup yang berfungsi sebagai jalan keluar masuknya udara di ruang pembakaran mesin bocor sehingga oli dapat masuk ke dalam manifold.

Penyebab keluarnya asap putih lainnya adalah pembengkokan katup klep sehingga posisinya tidak dapat diatur dan terjadi kelonggaran. Celah longgar inilah yang menyebabkan oli mudah masuk ke ruang bakar.

Kemungkinan terakhir jauh dari masalah teknis mesin, yaitu penggunaan jenis knalpot racing. Agar dapat bertahan dari suhu panas, maka disemprotkan oli sehingga menghasilkan pembakaran dalam knalpot.

3. Menghindari Asap Hitam

Mesin dengan tipe 4 tak tidaklah mengeluarkan asap berwarna, terlebih hitam. Indikator awal biasanya muncul dari banyaknya timbunan kerak karbon di ruang bakar. Jangan khawatir, solusinya cukup mudah dengan membersihkan kerak yang menempel di head cylinder.

Asap Warna hitam juga menandakan adanya kebocoran pada klep in sehingga bensin lebih banyak masuk ke ruang bakar dan solusinya dibutuhkan skir klep. Selain itu, bisa juga disebabkan lubang main jet atau slow jet (spuyer) aus sehingga bahan bakar yang masuk ke ruang bakar lebih banyak.


4. Busi

Busi yang tidak baik akan membuat pembakaran ruang bakar mesin tidak bekerja maksimal. Jika seluruh rangkaian diatas baik-baik saja, penyetelan stationer mesin yang tidak tepat juga bisa jadi pemicu asap.

“Rutin servis motor tidak hanya bermanfaat secara pribadi, namun juga ikut berikan dampak yang besar terhadap orang banyak yaitu masalah polusi udara. Jadi segera rutin lakukan perawatan untuk motor Anda,” ujar Benedictus.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1633 seconds (0.1#10.140)