Motor Listrik Pengawalan KTT ASEAN, Ini Spesifikasi Zero SR/S

Selasa, 05 September 2023 - 16:25 WIB
loading...
Motor Listrik Pengawalan KTT ASEAN, Ini Spesifikasi Zero SR/S
Motor listrik Zero SR/S digunakan sebagai kendaraan pengawalan tamu-tamu VVIP KTT ASEAN ke-43 yang digelar di Jakarta. Foto/Screen Capture YouTube Sekretariat Presiden RI
A A A
JAKARTA - Motor listrik Zero SR/S menjadi kendaraan pengawalan para tamu VVIP KTT ASEAN ke-43 di Jakarta pekan ini. Motor listrik buatan Zero ini punya penampilan yang gagah dan spesifikasi yang gahar sebagai kendaraan pengawal.

Diketahui motor listrik Zero SR/S merupakan motor listrik yang dioperasikan Pusat Polisi Militer TNI AD (Puspomad). Jadi tidak heran jika motor listrik buatan Amerika Serikat 9as0 itu memiliki livery khas Puspomad yakni biru dan putih.

Tampilan motor listrik itu semakin gagah karena dilengkapi dengan top box dan side box yang ada di samping kiri dan kanan body motor. Dari situs resmi Zero Motorcycles diketahui Zero SR/S bukanlah motor listrik biasa.



Motor listrik itu dilengkapi dengan baterai bertenaga 17,3 kW. Berkat baterai itu Zero SR/S mampu menggelontorkan tenaga sebesar 110 daya kuda dan torsi maksimal 190 Nm.

Tenaga sebesar itu mampu mendorong Zero SR/S mencapai kecepatan maksimal 200 kilometer per jam. Kemampuan itu membuat Zero SR/S tidak ubahnya seperti mobil sport beroda dua.
Motor Listrik Pengawalan KTT ASEAN, Ini Spesifikasi Zero SR/S


Untuk mengendalikan tenaga sebesar itu Zero SR/S menggunakan rem khusus buatan Bosch di bagian depn dan belakang. Rem cakram depan memiliki ukuran 320 x 5 mm dan bagian belakang ada di ukuran 240 x 4,5 mm.

Perlu diketahui ZERO SR/S sejatinya dijual dengan harga yang tidak murah yani USD19.955 atau setara Rp303,5 juta. Harga tersebut sudah bisa membeli lima unit Honda CBR250RR yang harganya hanya Rp63.456.000.



Meski memiliki kekuatan yang sangat besar, Zero SR/S justru diklaim sangat nyaman. Situs Electrek bahkan menyebutkan motor listrik buatan Zero itu tak ubahnya seperti pesawat jet pribadi saking nyamannya.

"Suspensinya lebih empuk, palangnya lebih tinggi, dan pijakan kakinya lebih rendah. Itu berarti postur berkendara yang lebih santai dan pengendaraan yang lebih nyaman secara keseluruhan," sebut Elektrec.

Penggunaan motor listrik Zero SR/S sebagai pengawalan para tamu VVIP KTT ASEAN ke-43 dipastikan Dansub Satgas Walmor PAM VVIP, Letkon CPM Raindy Sugito melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden RI. Dia mengatakan setidaknya ada 480 kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) yang rendah emisi akan diturunkan, mencangkup roda dua dan roda empat.

“Pertama ada motor pengawalan dan penyelamatan, semuanya menggunakan motor listrik jenis Zero," kata Letkol CPM Raindy Sugito. Jadi satuan pengamanan yang bertugas di KTT ASEAN ke-43 di Jakarta dilengkapi dengan Zero SR/S.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1673 seconds (0.1#10.140)