Ternyata Ini Kendaraan yang Jadi Lead Car di ASEAN Summit ke-43

Senin, 11 September 2023 - 13:21 WIB
loading...
Ternyata Ini Kendaraan yang Jadi Lead Car di ASEAN Summit ke-43
Hyundai Ioniq 5 menjadi lead car di ASEAN Summit ke-43 di Jakarta belum lama ini. Foto: HMID
A A A
JAKARTA - Selain meriahnya perhelatan ASEAN Summit ke-43 di Jakarta, 5-7 September 2023, salah satu hal yang jadi sorotan adalah barisan mobil yang digunakan oleh para pemimpin negara.

Salah satunya, mobil listrik Ioniq 5 . Yang menarik perhatian adalah nama setiap negara terukir di plat nomor lead car yang berperan sebagai pemandu untuk mobilitas rombongan delegasi. Juga, mengakomodasi jadwal padat para kepala negara di Jakarta.

Sebelum acara ini diselenggarakan, Hyundai Motor Company mengumumkan dukungannya dengan menyediakan 272 unit Ioniq 5, yang akan digunakan selama acara berlangsung.

Termasuk untuk kebutuhan protokol dan situasi darurat. Sebanyak 74 unit Ioniq 6 juga disediakan sebagai kendaraan resmi bagi pasangan delegasi. Namun, yang menjadi lead car dalam rangkaian acara ini adalah Ioniq 5 milik pemerintah Indonesia. Bahkan, tanpa sponsor dari Hyundai Motor Group.

Tahun lalu, Unit Keamanan Presiden Indonesia (Paspampres) membeli total 42 kendaraan listrik, termasuk Ioniq EV dan Ioniq 5. Mobil tersebut dipakai untuk keperluan keamanan dan protokol.

Ternyata Ini Kendaraan yang Jadi Lead Car di ASEAN Summit ke-43

Selama acara ASEAN Summit berlangsung, satu kendaraan digunakan untuk setiap delegasi untuk memimpin mobilitas para delegasi dengan aman dan cepat.

Lebih lanjut, selama pergelaran ASEAN Summit, Hyundai Motor Group juga memperkenalkan tiga jenis kendaraan listrik, termasuk Ioniq 5, Ioniq 6, dan kendaraan listrik Genesis G80, sebagai art car untuk mendukung Busan sebagai tuan rumah World Expo, yaitu 'pameran netral karbon melalui penerapan
teknologi ramah lingkungan.'

Bagian depan dan kedua sisi dari art car tersebut dilapisi dengan desain graffiti yang menunjukkan simbol utama Busan, seperti Jembatan Gwangan serta burung camar.



Art car ini ini dioperasikan di sekitar lokasi ASEAN Summit maupun objek wisata utama di pusat kota Jakarta. Model kendaraan listrik G80 yang menjadi art car digunakan oleh delegasi Korea. Kendaraan tersebut dipajang di pintu masuk lokasi akomodasi.

Kendaraan listrik Hyundai Motor Company ternyata memainkan peran penting dalam ASEAN Summit dan memiliki efek promosi yang besar saat mereka berkeliling di seluruh pusat kota Jakarta.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1615 seconds (0.1#10.140)