Produsen Motor Listrik Indonesia Bakal Bangun Pabrik di Malaysia

Senin, 11 September 2023 - 20:08 WIB
loading...
Produsen Motor Listrik Indonesia Bakal Bangun Pabrik di Malaysia
Produsen motor listrik asal Indonesia mulai serius dalam memasarkan produknya ke luar negeri, bahkan berencana membangun pabrik. Foto/Muhamad Fadli Ramadan
A A A
JAKARTA - Produsen motor listrik asal Indonesia mulai serius dalam memasarkan produknya ke luar negeri, bahkan berencana membangun pabrik. Untuk itu, PT Terang Dunia Internusa (TDI) menandatangani kerja sama dengan perusahaan asal Malaysia, Artroniq Berhad.

Kerja sama ini dilakukan untuk memperluas jaringan distribusi motor listrik produksi PT TDI, yaitu United E-Motor. “Apa yang dilakukan untuk ekspor ke Malaysia saya pikir merupakan prestasi,” kata Menhub Budi Karya di Jakarta Pusat, Senin (11/9/2023).

Direktur PT TDI Henry Mulyadi menilai bahwa kerja sama ini sangat baik untuk citra industri motor listrik Indonesia di mata dunia. Menurut dia, ini bisa menjadi bukti bahwa motor listrik buatan Tanah Air berkualitas tinggi.



“Ekspansi United E-Motor ke Malaysia dapat memberi dampak positif bahwa industri kendaraan listrik dalam negeri memiliki potensi yang besar,” kata Henry di sela penandatanganan kerja sama dengan Artroniq Berhad.

Untuk tahap pertama, United E-Motor bersama Artroniq Berhad akan melakukan penjualan motor listrik TX1800 dan TX3000. Pada tahun depan, TDI akan mulai membangun pabrik di Penang, Malaysia, dengan kapasitas produksi mencapai 10.000 unit per tahun untuk tahap pertama.

“Tahun depan kita akan memulai ground breaking. Kapsitasnya itu mencapai 10.000 unit per tahun, untuk tahap pertama. Diharapkan produk motor listrik Indonesia dapat dinikmati oleh masyarakat luas dan kualitasnya dapat diakui dengan baik,” ujarnya.



Sekadar informasi, motor listrik United E-Motor memiliki nilai TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) lebih dari 50%. Ini membuat seluruh lini model yang ditawarkan masuk dalam program subsidi Rp7 juta.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1656 seconds (0.1#10.140)