Deretan Mobil Lawas yang Masih Banyak Penggemarnya

Rabu, 13 September 2023 - 20:00 WIB
loading...
Deretan Mobil Lawas yang Masih Banyak Penggemarnya
Mercedes-Benz W123 diproduksi di Jerman sejak November 1975 hingga 1986. (Foto: Team-BHP)
A A A
JAKARTA - Mobil klasik termasuk dalam mobil lawas yang dibuat dan sudah ada sejak 1970an. Mobil lawas ini masih banyak penggemarnya karena bernilai tinggi.

Sebagian masyarakat memiliki alasan lebih memilih mobil lawas dibandingkan mobil keluaran terbaru. Mereka juga ingin melakukan investasi dengan mengoleksi mobil klasik tersebut.

Selain itu, mobil klasik juga dinilai lebih keren sehingga banyak orang yang merawat mobil mereka dengan penuh kasih sayang walaupun hanya sebuah mobil tua. Banyak juga mobil lama yang masih banyak dicari dengan alasan nostalgia, mobil apa sajakah itu?


Berikut daftar mobil lawas yang masih banyak penggemarnya sampai saat ini:

1. Toyota Corolla DX KE70

Mobil Toyota Corolla DX KE70 jenis sedan ini diproduksi oleh perusahaan Toyota dan dirilis pada 1980 untuk menggantikan Toyota Corolla pabrikan ke-30. Memiliki tampilan yang klasik dan menarik karena memiliki desain eksterior yang khas dengan mobil tahun 1980an.

Bagian depan mobil ini terlihat klasik karena memiliki desain lampu kota, bumper kotak, dan kaca spion yang terletak di dekat cup mesin, serta pada bagian belakang mobil sedan ini juga punya tampilan yang klasik karena desain stop lamp yang berbentuk kotak.

2. Honda Civic SB3 / Wonder

Mobil ini pertama kali diperkenalkan oleh Honda pada 1984 bersamaan dengan varian sedan lainnya. Mobil klasik dengan harga terbilang murah ini, Honda Wonder SB3 juga memiliki mesin yang sangat tangguh.

Hingga sekarang sedan ini juga menjadi salah satu mobil yang cocok untuk anak muda dengan tawaran kenyamanan dalam hal suspensi sehingga semua jenis mobil buatan Honda sangat nyaman untuk di kendarai di berbagai medan jalan.

3. BMW E30

MBW E30 menjadi salah satu mobil yang sangat populer di kalangan anak muda pada masanya, dan mobil ini juga pernah digunakan dalam film Catatan Si Boy. Walaupun memiliki bodi yang termasuk kecil, tapi mobil klasik ini cukup irit dalam konsumsi bahan bakar untuk tahun 1990an dan mesin yang cukup bertenaga, yaitu kurang lebih sebesar 105 HP dan torsi 145 NM.


4. Mercedes-Benz W123

Mobil eksekutif ini diproduksi di Jerman sejak November 1975 hingga 1986. Memiliki desain yang lebih besar dari Mercedes-Benz W116 yang diperbarui dengan isyarat styling seperti lampu belakang bergaris lebih lebar, lampu depan horisontal, indikator lampu sein depan tepi luar, dan gagang pintu tarik untuk dibuka. Mobil klasik ini juga masih dijadikan koleksi oleh berbagai orang yang suka dengan mobil-mobil tua.

5. Jeep Wrangler TJ dan YJ

Dirilis pada tahun 1996 di Detroit Auto Show 1996 sebagai pengenalan model tahun 1997 awal. Menjadi kendaraan produksi terakhir yang menggunakan suku cadang terkait AMC. Memiliki tangki bahan bakar yang menjadi standar dengan kapasitas 19 galon AS (72 L; 16 imp gal) pada tahun 1998 (MY 1999).

Terdapat beberapa perubahan di tahun 1996 hingga 2002 pada mobil klasik ini, yaitu kaca spion pintu samping menggunakan kaca spion berbingkai logam hitam, sedangkan pada tahun 2003 hingga 2006 mengunakan cermin cetakan plastik.

Nah, itu tadi 5 mobilklasik yang saat ini masih dicari oleh para pencinta otomotif. Apakah dari beberapa mobil- mobil tua tersebut ada yang kalian idamkan juga untuk jadi koleksi.

MG/Talitha Luthfiana Safa
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3993 seconds (0.1#10.140)