Lamborghini Miura Dinobatkan Sebagai Mobil Klasik Paling Berharga

Senin, 21 Februari 2022 - 05:58 WIB
loading...
Lamborghini Miura Dinobatkan Sebagai Mobil Klasik Paling Berharga
Nilai Lamborghini Miura saat ini mencapai Rp26,5 miliar berdasarkan perhitungan Confused. Foto/Netcarshow
A A A
JAKARTA - Perusahaan asuransi Inggris, Confused menobatkan mobil sport lawas Lamborghini Miura sebagai mobil klasik paling berharga. Mobil itu mengalahkan mobil-mobil klasik legendaris lainnya seperti Ferrari F40 dan Bugatti EB110.

Disebutkan situs Stuff, Confused melakukan metode perhitungan khusus. Dalam perhitungan itu dilibatkan sebanyak 2.000 mobil klasik yang telah mewarnai industri otomotif dunia. Pengamatan juga dilakukan dari 2019 tahun 2022.

Penentuan mobil klasik paling berhaga itu ditentukan melalui beberapa indikator yakni jumlah produksi mobil, harga mobil pada Mei 2019, harga mobil tahun ini dan terakhir jumlah pencarian nama mobil di Google.

Baca juga : Wuling Siapkan Versi Baru Mobil Listrik Termurah di Dunia dengan Ukuran Besar

Lamborghini Miura Dinobatkan Sebagai Mobil Klasik Paling Berharga


Dari beberapa indikator itu akhirnya terpilih LamborghiniMiura sebagai mobil klasik paling berharga dan ditempatkan di posisi pertama dari survei itu. Posisi kedua ditempati oleh mobil klasik legendaris, Ferrari F40. Mobil Ferrari terakhir yang didesain langsung oleh Enzo Ferrari itu kalah tipis dari Lamborghini Miura.

Sejatinya dari perhitungan beberapa indikator di atas, Ferrari F40 menang di kategori pencarian Google. Hanya saja mobil buatan Ferrari itu imbang dari segi harga. Pada Mei 2019 harga Ferrari F40 mencapai USD1,3 juta atau mencapai Rp18,6 miliar. Di tahun ini harganya naik dua kali lipat jadi USD2,6 juta atau setara Rp37,2 miliar.

Sayangnya peningkatan yang sama juga dirasakan oleh Lamborghini Miura. Di 2019 harga mobil dengan logo banteng ngamuk itu ada di angka USD925.000 atau mencapai Rp13,2 miliar. Di 2022 harganya juga naik dua kali lipat menjadi USD1,85 juta atau mencapai Rp26,5 miliar.

Baca juga : Kim Kardashian Ubah Warna 3 Mobil Supermewah Biar Matching dengan Rumah Baru

Lamborghini Miura Dinobatkan Sebagai Mobil Klasik Paling Berharga


Jadi dari segi persentase harga, kedua mobil klasik itu memang imbang. Bedanya LamborghiniMiura justru menang dari segi kelangkaan. Saat ini populasi LamborghiniMiura hanya ada 764 unit. Sebaliknya Ferrari F40 diproduksi sebanyak 1.311 unit.

Dari situlah akhirnya Lamborghini Miura ditetapkan sebagai mobil klasik paling berharga. Dalam daftar itu setidaknya ada 8 mobil klasik lain yang tak kalah populer.

Di antaranya adalah Ferrari 250 GTO, AC Cobra, Datsun 240Z, Bugatti EB110, Lancia Stratos, Plymouth Superbird, Jaguar E-Type dan Nissan GT-R. "Popularitas mobil klasik terus meningkat seirinng tahun, bahkan nilainya jauh lebih tinggi dibandingkan harga emas. Artinya investasi mobil klasik yang tepat tidak hanya jadi langkah menarik bagi orang yang mencintai otomotif tapi juga orang-orang yang pintar berinvestasi," ujar Alex Kindred, analis dari Confused.
(wsb)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1614 seconds (11.210#12.26)