Australia Ubah Kendaraan Orang Kaya Indonesia Jadi Mobil Polisi

Jum'at, 15 September 2023 - 06:29 WIB
loading...
Australia Ubah Kendaraan Orang Kaya Indonesia Jadi Mobil Polisi
Kepolisian Australia baru saja menambah armada mobil dinas yakni Toyota Land Cruiser 300. Foto/Drive
A A A
CAMBERRA - Kepolisian Australia baru saja menambah armada mobil dinas yakni Toyota Land Cruiser 300. Mobil itu jadi kejutan karena harganya yang tergolong mahal, di Indonesia dijual di Rp2,54 miliar.

Dikutip situs Drive, Jumat (15/9/2023), di Australia mobil yang sama dibanderol dengan harga yang kurang lebih AUD140.139 atau mencapai Rp2,1 miliar. Jadi sangat mengejutkan jika mobil semahal itu justru dijadikan mobil kepolisian oleh Australia.

Apalagi seperti di Indonesia, orang-orang kaya Australia yang ingin memiliki mobil tersebut juga harus antre selama dua tahun. Disebutkan Drive varian Toyota Land Cruiser 300 yang dipilih untuk jadi mobil kepolisian adalah Toyota Land Cruiser 300 versi GX.



Varian tersebut dilengkapi dengan mesin diesel V6 3,3 liter twin-turbo dan transmisi otomatis 10 kecepatan. “Di saat yang bersamaan banyak konsumen terpaksa membatalkan pesanan karena waktu tunggu yang sangat panjang,” sebut Drive.

Keputusan pembatalan tersebut justru terjadi karena pemesan khawatir uang yang mereka keluarkan akan lebih besar. Pasalnya harga suku bunga terus meningkat sementara biaya pembelian Toyota Land Cruiser 300 memang tidak terikat dengan harga awal saat mobil dipesan.
Australia Ubah Kendaraan Orang Kaya Indonesia Jadi Mobil Polisi


Lebih lanjut mobil kepolisian Toyota Land Cruiser 300 milik Australia itu juga tampil layaknya mobil polisi secara umum. Mobil buatan Jepang itu hanya diberikan livery khas kepolisian Australia yakni garis-garis biru dan warna dasar putih.

Perlengkapan lainnya juga ditambahkan guna meningkatkan fungsionalitas mobil yakni snorkel dan bullbar. Begitu juga dengan perlengkapan mobil kepolisian seperti rotator dan sirine.



"Toyota LandCruiser 300 Series dimaksudkan untuk digunakan untuk tugas umum kepolisian serta sejumlah divisi spesialis seperti Pasukan Ketertiban Umum dan Kerusuhan serta tim respons taktis," tulis Drive.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2474 seconds (0.1#10.140)