Mobil Listrik Genesis, Hyundai, dan Lexus Masuk Daftar Kendaraan Teraman

Minggu, 17 September 2023 - 10:42 WIB
loading...
Mobil Listrik Genesis, Hyundai, dan Lexus Masuk Daftar Kendaraan Teraman
Tiga mobil listrik, yaitu Genesis Electrified GV70, Hyundai Ioniq 6, dan Lexus RZ 450e, masuk dalam daftar kendaraan yang aman Top Safety Pick+ versi Insurance Institute of Highway Safety (IIHS). Foto/insideevs
A A A
VIRGINIA - Tiga mobil listrik , yaitu Genesis Electrified GV70, Hyundai Ioniq 6, dan Lexus RZ 450e, masuk dalam daftar kendaraan yang aman Top Safety Pick+ versi Insurance Institute of Highway Safety (IIHS). Ketiga mobil listrik ini telah melalui serangkaian uji keselamatan yang dilakukan IIHS.

IIHS memeriksa kelayakan tabrakan kendaraan, mencakup seberapa baik kendaraan tersebut melindungi penumpangnya saat terjadi tabrakan. Termasuk, penghindaran dan mitigasi, yang menyoroti kontribusi teknologi keselamatan dalam meminimalkan dampak tabrakan.

“Memastikan keselamatan terus menjadi prioritas pada kendaraan bertenaga alternatif. Ini sangat penting jika kita ingin mencapai visi nihil kecelakaan lalu lintas,” kata presiden IIHS David Harkey dikutip SINDOnews dari laman insideevs, Minggu (17/9/2023).



IIHS menjelaskan, mobil harus mendapatkan peringkat yang baik dalam uji tumpang tindih kecil di sisi pengemudi, tumpang tindih kecil di sisi penumpang, tumpang tindih asli di sisi penumpang, dan uji samping. Selain skor uji tabrakan, ada juga penekanan pada kualitas lampu depan, dan efektivitas sistem pencegahan tabrakan frontal.

Sistem ini diuji baik dalam kondisi pencahayaan siang dan malam, yang melibatkan pejalan kaki. Hal terakhir ini sepertinya merupakan tambahan dari kriteria keselamatan IIHS tahun 2023 yang telah diperbarui dari aturan tahun 2022.
Mobil Listrik Genesis, Hyundai, dan Lexus Masuk Daftar Kendaraan Teraman


GV70 Electrified mendapat “peringkat lanjutan” dalam uji tabrak depan kendaraan-pejalan kaki. Sedangkan Ioniq 6 dan Lexux RZ memperoleh “peringkat superior” dalam pengujian yang sama.

Menurut IIHS, GV70 Electrified juga tampaknya memiliki lampu depan yang lebih baik di antara ketiganya. Ingatlah bahwa Electrified GV70 tidak menggunakan platform yang sama dengan GV60 dan Ioniq 6, yang menggunakan Electric-Global Modular Architecture (E-GMP).



Kendaraan ini terus menggunakan versi arsitektur yang mendasari GV70 bertenaga gas, yang juga memegang penghargaan IIHS Top Safety Pick+. Ketiga mobil listrik tersebut mendapat peringkat teratas dalam tes depan tumpang tindih kecil di sisi pengemudi.

Posisi boneka tersebut tampak terpelihara dengan baik sehubungan dengan kusen pintu, roda kemudi, dan panel instrumen setelah uji tabrak. “Ketiga kendaraan ini memiliki sistem pencegahan tabrakan depan standar yang dirancang untuk melindungi pejalan kaki baik pada siang hari maupun malam hari,” kata Harkey.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1527 seconds (0.1#10.140)