Cara Merawat Knalpot Motor agar Tak Mudah Berkarat

Jum'at, 22 September 2023 - 18:00 WIB
loading...
Cara Merawat Knalpot Motor agar Tak Mudah Berkarat
Salah satu penyebab utama karat pada knalpot motor adalah akibat paparan cuaca eksternal. (Foto: Evolution)
A A A
JAKARTA - Salah satu penyebab utama karat pada knalpot motor adalah akibat paparan cuaca eksternal. Jika terlanjur berkarat, kualitas mesin dan emisi kendaraan ikut menurun.

Hujan, embun atau kelembaban tinggi dapat menyebabkan permukaan logam pada knalpot menjadi basah dan berpotensi berkarat, terutama jika knalpot terbuat dari baja biasa.

Kualitas bahan bakar yang buruk atau bahan bakar yang mengandung kotoran dapat menyebabkan pengendapan residu pada interior dan eksterior knalpot. Residu ini dapat menjadi fokus pertumbuhan karat.


Berikut cara merawat knalpot agar tidak karatan, dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (22/9/2023).

1. Bersihkan knalpot secara teratur dengan air hangat dan sabun ringan, gunakan spons lembut atau sikat untuk membersihkannya.

2. Saat menyimpan motor dalam jangka waktu yang lama, pastikan melindunginya dengan baik dari elemen cuaca jangan sering terkena hujan dan panas.



3. Pastikan lubang drainase pada knalpot tidak tersumbat. Lubang drainase dirancang untuk mengeluarkan air yang mungkin masuk ke dalam knalpot. Jika tersumbat, air bisa terjebak di dalam knalpot dan mempercepat karat .

4. Setelah mencuci motor, pastikan knalpot benar-benar kering karena jika masih lembab dapat lebih cepat menyebabkan karat. 5. Memanaskan motor secukupnya karena jika terlalu lama dipanaskan membuat knalpot cepat panas dan gampang berkarat.

MG/Farhatun Nabila
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2909 seconds (0.1#10.140)