Tren Mobil Listrik, Hyundai Tawarkan Fitur Bluelink Super Smart

Kamis, 05 Oktober 2023 - 05:57 WIB
loading...
Tren Mobil Listrik, Hyundai Tawarkan Fitur Bluelink Super Smart
Fitur Bluelink tersedia di mobil listrik Ioniq 5. (Foto: SINDOnews)
A A A
JAKARTA - Tren mobil listrik model Battery Electric Vehicle (BEV) tengah marak. Menjawab tren ini, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) memperkaya lini kendaraan listriknya dengan menghadirkan IONIQ 5 Bluelink dan IONIQ 6 untuk memberikan pilihan sesuai kebutuhan dan preferensi gaya hidup.

Teknologi Hyundai Bluelink memiliki 60 fitur yang bisa dimanfaatkan pengguna IONIQ 5 Bluelink. Sebanyak 19 di antaranya berupa fitur baru yang diciptakan khusus untuk meningkatkan pengalaman berkendara dengan kendaraan listrik. Aspek-aspek yang tercakup meliputi fitur keselamatan, kemudahan dalam berkendara, memastikan kondisi kendaraan tetap optimal, serta mendapatkan informasi penting kendaraan seperti pengisian baterai.

"Fitur Bluelink Ioniq 5 ini yang pertama di EV. Teknologi connectivity yang dibawa Hyundai ada di Creta, Palisade, menghubungkan pengguna dan kendaraan. Untuk apa? Untuk dapatkan informasi penting tentang kendaraan dan terkoneksi Hyundai call center guna bantuan darurat," ujar Ridwan Arifin, Representatif After Sales Hyundai Indonesia di sela acara test drive Ioniq 5 dan Ioniq 6 Jakarta-Bali.



Time-Fencing Notification memungkinkan aplikasi Hyundai Bluelink di ponsel pengguna. Fitur tersebut berguna untuk mengatur jadwal perjalanan dengan kendaraan listrik, salah satunya dalam menghitung waktu untuk mengisi daya.

Fitur Speed Notification memungkinkan pengguna mendapat notifikasi dari aplikasi Hyundai Bluelink di ponsel jika mobil terdeteksi melebihi batas kecepatan yang diatur. Fitur tersebut penting untuk mengingatkan pengguna agar tetap berkendara dengan kecepatan yang stabil. Pasalnya, mengemudi dengan kecepatan tinggi atau melakukan banyak pengereman dapat mengurangi daya tahan baterai kendaraan listrik.

Satu lagi yang tak kalah penting, fitur Nearby Charging Station Finder yang berfungsi untuk menemukan stasiun pengisian terdekat. Fitur-fitur lainnya berupa Set Charging Limit untuk mengatur batas kapasitas pengisian daya serta Charging Schedule untuk mengatur jadwal pengisian daya sesuai kebutuhan.

IONIQ 5 Bluelink ataupun IONIQ 6 jadi keunggulan dari platform Electric-Global Modular Platform (E-GMP) yang dirancang khusus oleh Hyundai Motor Group untuk model BEV. E-GMP memungkinkan IONIQ 5 dan IONIQ 6 untuk memiliki kapasitas baterai yang besar untuk jarak tempuh yang jauh.



IONIQ 5 Signature Long Range memiliki kapasitas baterai mencapai 72,6 KWh dengan jarak tempuh hingga 451 kilometer. Sedangkan IONIQ 6 hadir dengan kapasitas baterai 77,4 kWh dengan jarak tempuh mencapai 519 kilometer. Contohnya, IONIQ 5 Bluelink dan IONIQ 6 dengan jarak tempuh Semarang–Surabaya mencapai lebih dari 349 kilometer dapat ditempuh dengan hanya satu kali pengisian daya baterai.

Pada IONIQ 5 , akselerasi kecepatan 0 hingga 100 km/jam dalam waktu sekitar 7–8 detik. Pada IONIQ 6 mampu melaju dari 0–100 km/jam hanya dalam waktu 5,1 detik, dengan kecepatan maksimal dapat mencapai 185 km/jam. Performa luar biasa dari IONIQ 6 tak terlepas dari penggunaan dual motor bersistem penggerak.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3379 seconds (0.1#10.140)