Mengenal RPM Mobil, Elemen Penting dalam Berkendara

Kamis, 05 Oktober 2023 - 21:45 WIB
loading...
Mengenal RPM Mobil, Elemen Penting dalam Berkendara
RPM biasanya ditampilkan dalam panel instrumen kendaraan sebagai tachometer. (Foto: Cars24)
A A A
JAKARTA - Revolutions Per Minute (RPM) alias putaran per menit adalah salah satu aspek penting yang harus dipahami pengendara mobil.

Pasalnya, RPM mobil menjadi indikator utama kinerja mesin dan pengendalian kendaraan. Walhasil, pemahaman yang baik tentang RPM dapat meningkatkan pengalaman berkendara dan pemeliharaan kendaraan.

Apa itu RPM Mobil?

RPM adalah singkatan dari Revolutions Per Minute atau putaran mesin per menit. Dengan memantau RPM, maka pengemudi dapat mengetahui ukuran jumlah putaran yang dilakukan oleh krankshaft mesin mobil dalam satu menit.

RPM sendiri biasanya ditampilkan dalam panel instrumen kendaraan sebagai tachometer. Pada mobil dengan transmisi manual, pengemudi harus seringkali memantau RPM untuk menentukan kapan waktu paling tepat mengganti gigi.


Pentingnya RPM Mobil

RPM mobil memiliki beberapa fungsi penting dalam kinerja kendaraan dan keselamatan pengemudi. Berikut adalah beberapa alasan mengapa RPM penting:

Kinerja Mesin

RPM adalah indikator kinerja mesin. Semakin tinggi RPM, semakin banyak tenaga yang dihasilkan oleh mesin. Ini berguna dalam situasi seperti mendaki bukit atau akselerasi cepat.

Efisiensi Bahan Bakar

Memantau RPM dapat membantu pengemudi menjaga efisiensi bahan bakar. RPM mesin yang terlalu tinggi atau terlalu rendah dapat mengurangi efisiensi konsumsi bahan bakar.

Ketahanan Mesin

RPM yang terlalu tinggi dapat menyebabkan mesin bekerja terlalu keras, yang dapat mengakibatkan keausan lebih cepat. Sebaliknya, RPM yang terlalu rendah dapat menyebabkan mesin bekerja di bawah beban berat, yang juga dapat merusak mesin.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2866 seconds (0.1#10.140)