Begini Cara Menyetel RPM Mobil Injeksi

Selasa, 14 Juni 2022 - 18:00 WIB
loading...
Begini Cara Menyetel RPM Mobil Injeksi
Bagi pengendara tentunya harus memahami cara menyetel RPM mobil injeksi. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Bagi pengendara tentunya harus memahami cara menyetel RPM mobil injeksi. Dengan begitu, Anda tidak perlu panik ketika mengalami gangguan perjalanan akibat kondisi RPM tidak stabil.

Biasanya untuk mendapat ukuran RPM yang pas, idealnya RPM mobil injeksi berada di angka 750 hingga 850. Namun, angka tersebut tidak berlaku untuk semua merk mobil injeksi. Baca juga : Kenali 4 Penyebab Motor Brebet di RPM Renda h!

Idle yang stabil adalah kunci lancarnya mobil matic dalam perjalanan. Idle sendiri merupakan sensor dalam mobil injeksi yang berfungsi untuk menunjukkan kestabilan kondisi mobil.

Saat idle dalam kondisi tidak stabil maka ada masalah dalam mobil injeksi. Biasanya ketidakstabilan ini terlihat ketika mobil berjalan tersendat sendat. Terdapat dua kondisi dimana komponen ini sedang tidak stabil, yaitu idle yang turun atau meningkat secara drastis.
Baca juga : Cara Menghidupkan Motor Injeksi Kehabisan Bensin

Jika kondisi ini terjadi, jangan sampai dibiarkan karena dapat mengganggu perjalanan. Sebaiknya setel RPM mobil injeksi agar mobil kembali nyaman untuk dikendarai.

Berikut cara menyetel rpm mobil injeksi seperti dilansir Auto2000 :

1. Putar ISAS Screw ke Kiri

Cara ini dilakukan ketika langsam atau idle mesin injeksi tidak stabil dan menurun drastis. Memutar komponen Idle Speed Adjusting Screw (ISAS) ke kiri berguna untuk menaikkan RPM mesin injeksi agar tetap stabil.

Putar secukupnya dan jangan berlebihan, karena RPM idling justru menjadi tidak stabil apabila hanya langsung diputar tanpa mengetahui batasannya.

Posisi komponen ISAS yang berubah ini merupakan salah satu yang bisa menyebabkan idle mobil bisa naik turun dengan tidak stabil.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1244 seconds (0.1#10.140)