5 Kekurangan Mobil Matic yang Perlu Diperhatikan, Ketahui sebelum Membeli

Jum'at, 06 Oktober 2023 - 11:27 WIB
loading...
5 Kekurangan Mobil Matic yang Perlu Diperhatikan, Ketahui sebelum Membeli
Ada sejumlah kekurangan mobil matic yang bisa menjadi pertimbangan pengendara pemula sebelum membelinya. Foto/Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah kekurangan mobil matic yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk membelinya. Terutama untuk pengendara pemula yang ingin memilih mobil transmisi otomatis ini sebagai tunggangan sehari-hari.

Tren mobil matic kini tengah menjamur. Hampir semua produsen mobil kini sudah mulai menerapkan transmisi otomatis dalam setiap produknya. Hal ini juga seiring selera pasar yang sudah mulai berubah.



Mobil matic memang lebih praktis dalam penggunaannya ketimbang mobil manual. Meski begitu, tetap ada kekurangan mobil matic yang membuat mobil manual masih bisa dilirik oleh para pencinta mobil.

5 Kekurangan Mobil Matic


1. Efisiensi Bahan Bakar yang Lebih Rendah


Mobil matic cenderung memiliki efisiensi bahan bakar yang lebih rendah dibandingkan dengan mobil manual dalam banyak kasus.



Hal ini terkait dengan kerugian daya yang terjadi dalam proses perpindahan gigi otomatis dan beban tambahan dari komponen transmisi otomatis.

2. Biaya Perawatan dan Perbaikan yang Lebih Tinggi


Perawatan dan perbaikan pada transmisi otomatis sering kali lebih rumit dan mahal daripada transmisi manual. Jika terjadi masalah pada transmisi otomatis, biayanya bisa sangat tinggi, termasuk biaya perbaikan dan penggantian komponen.

3. Kurangnya Kontrol Gigi oleh Pengemudi


Pengemudi mobil matic memiliki kendali yang lebih terbatas dalam perpindahan gigi dibandingkan dengan mobil manual.



Ini bisa membuat pengemudi merasa kurang puas dalam situasi tertentu, seperti saat ingin mengendalikan perpindahan gigi secara manual untuk meningkatkan akselerasi atau menurunkan kecepatan.

4. Mengurangi Rasa Berkendara


Bagi beberapa pengemudi, kendaraan matic dapat memberikan pengalaman berkendara yang kurang "terhubung" dengan mobil karena tidak ada kopling yang ditekan atau gigi yang dipindahkan secara manual. Beberapa orang merasa lebih terhubung dengan mobil saat mereka memiliki kendali langsung atas perpindahan gigi.

5. Harga Lebih Tinggi


Kekurangan mobil matic yang terakhir ini berkaitan dengan harganya. Mobil matic cenderung lebih mahal daripada versi manual dari mobil yang sama. Hal ini terkait dengan biaya tambahan untuk transmisi otomatis.
(okt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2919 seconds (0.1#10.140)