Pahami 5 Cara Mengendarai Mobil Matic untuk Pemula yang Benar

Selasa, 12 Juli 2022 - 08:58 WIB
loading...
Pahami 5 Cara Mengendarai Mobil Matic untuk Pemula yang Benar
Cara mengendarai mobil matic untuk pemula ternyata sangat mudah dipahami dan dilakukan. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada lima cara mengendarai mobil matic untuk pemula. Dengan memahami ulasan ini, pengendara pemula bisa mengetahui kiat atau tips dalam mengemudikan mobil matic dengan benar.

Seiring perkembangannya, mobil matic saat ini mulai banyak digunakan. Berbeda dengan mobil manual, mobil matic kerap dianggap lebih mudah dikendarai. Pasalnya, jenis mobil ini tidak memiliki pedal kopling saat digunakan.

Namun, tetap saja bagi pemula perlu membiasakan diri untuk mengendarai jenis mobil apapun. Dilansir dari situs Daihatsu, berikut cara mengendarai mobil matic untuk pemula , yuk cermati:



1. Jangan Nyalakan Mesin Dulu

Langkah pertama, saat memutar kunci kontak pengendara tidak boleh langsung menyalakan mesin mobil. Meski terlihat sepele, hal ini harus diperhatikan pengendara pemula. Alasannya cukup sederhana. Yaitu untuk memberi jeda waktu untuk komponen lain pada mobil hidup dan siap aktif.

Selain itu, juga pastikan tuas transmisi berada di posisi P atau N. Hal ini perlu dilakukan demi keamanan dan keselamatan pengendara. Jangan sampai, justru mobil menyala dalam keadaan tuas berada di posisi R yang berarti mundur.

2. Menyalakan Mobil Sambil Menginjak Rem

Pada sebagian mobil matic, mesin tidak akan menyala ketika pengemudi tidak menginjak pedal rem juga. Jadi, pastikan pengendara mengetahui tipe dan jenis kendaraan tersebut. Jika hal demikian berlaku, maka jangan lupa untuk menekan pedal rem saat menyalakan mobil.

3. Injak Rem Saat Berpindah Transmisi
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1745 seconds (0.1#10.140)