Ternyata Ini Alasan Moge Yamaha MT-07 Tidak Dijual di Indonesia

Sabtu, 07 Oktober 2023 - 08:41 WIB
loading...
Ternyata Ini Alasan Moge Yamaha MT-07 Tidak Dijual di Indonesia
Moge Yamaha MT-07 yang dirakit di Indonesia banyak membuat warganet bertanya-tanya. Foto: YIMM
A A A
JAKARTA - Yamaha Motor Corp (YMC) memberi kepercayaan kepada PT Yamaha Indonesia Motor Mfg (YIMM) untuk merakit motor gede (moge) MT-07 . Produk tersebut bakal diekspor ke berbagai negara di Eropa. Sayangnya, moge tersebut justru tidak dijual di Indonesia, apa alasannya?

Sebelumnya, Asst. General Manager Marketing & Public Relation Anton Widiantoro mengatakan, untuk saat ini MT-07 hanya untuk pasar Eropa. Ia belum bisa mengatakan apakah moge tersebut akan dipasarkan di Indonesia.

“Saat ini produksi MT-07 di produksi di Indonesia untuk pasar ekspor, khususnya Eropa. Dan ini yang pertama kali untuk motor kelas 700 cc ‘made in Indonesia’. Kalau jumlah produksinya, kami belum bisa infokan,” kata Anton kepada SINDONews.

Ternyata Ini Alasan Moge Yamaha MT-07 Tidak Dijual di Indonesia

Sebelumnya, moge MT-07 hanya diproduksi di negara asalnya, Jepang. Namun, sejak September 2023 lalu, YMC memutuskan untuk menggunakan fasilitas YIMM di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan pasar Eropa.

President Director and CEO PT YIMM Dyonisius Beti mengatakan produksi mesin MT-07 berada di Kawasan Industri KIIC (Karawang International Industry City), Karawang, Jawa Barat. Sementara, perakitan utamanya di fasilitas perakitan YIMM di Pulogadung, Jakarta Timur.

“Memang MT-07 untuk saat ini belum dijual di Indonesia dan masih menyasar Eropa. Semakin tinggi cc bakal semakin tinggi pajaknya. Tetapi soal skill dan kemampuan sumber daya manusia, kami sudah sangat mumpuni untuk memproduksi motor bermesin besar,” ujar Dyon di pabrik YIMM, Karawang, Jawa Barat, Kamis (5/10).

Meski YIMM belum mendapat restu untuk memasarkan MT-07 di Indonesia, tapi Dyon mengaku beruntung bisa diberi kesempatan memproduksi moge tersebut. Sebab, ada proses transfer ilmu dalam merakit mobil besar.



“Yamaha MT-07 ini adalah bukti kualitas motor buatan anak bangsa yang sudah diakui dunia internasional. Karena dipasarkan ke Eropa, itu ada masalah kualitas pasti masalahnya rumit dan pasti juga konsekuensi di Eropa sangat keras,” ucapnya.

Saat ini, Yamaha Indonesia mengklaim telah mengekspor lebih dari 2 juta unit motor ke lebih dari 40 negara di Asia, Eropa, Amerika, Australia dan Afrika.
Motor Yamaha yang diproduksi di Indonesia untuk diekspor adalah Nmax, Xmax, R15, dan R25,sertaMT-07.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5178 seconds (0.1#10.140)