10 Aturan Mengemudi Paling Aneh di Dunia

Selasa, 10 Oktober 2023 - 18:59 WIB
loading...
10 Aturan Mengemudi Paling Aneh di Dunia
Banyak aturan mengemudi yang aneh di dunia. (Foto: Mycarmakesnoise)
A A A
JAKARTA - Di mana bumi dipijak di situ langit dijunjung. Peribahasa ini cocok untuk menggambarkan aturan mengemudi paling aneh di dunia.

Ya, meski ganjil namun aturan tetap aturan dan harus ditaati, karena jika tidak sanksi berupa denda atau hukuman lainnya siap menanti.

Dirangkum dari Mycarmakesnoise, Selasa (10/10/2023), berikut aturan mengemudi paling aneh di dunia yang berlaku di sejumlah negara.

1. Kaca Film Mobil

Uni Emirat Arab secara ketat mengatur kaca film mobil untuk alasan keselamatan dan keamanan. Undang-undang hanya mengizinkan penggunaan kaca film hingga 30% untuk kendaraan pribadi dan melarang sepenuhnya untuk kaca depan untuk memastikan visibilitas pengemudi tidak terganggu.


2. Mobil warna merah di Shanghai, China

Shanghai pernah melarang mobil berwarna merah. Alasannya adalah keyakinan bahwa mobil berwara merah menyebabkan banyak kecelakaan dibandingkan mobil dengan warna lain.

3. Mobil dengan kemudi kanan di Rusia

Di Rusia, mengendarai kendaraan dengan setir kanan merupakan tindakan ilegal karena alasan keamanan. Negera ini, merupakan negara dengan lalu lintas kiri.

4. Detektor radar di Swiss

Memiliki atau menggunakan detektor radar adalah tindakan ilegal di Swiss. Aturan tersebut diterapkan untuk mencegah pengemudi ngebut. Jadi jangan coba-coba untuk melanggarnya, lantaran di Swiss denda dihitung berdasarkan pengendara.

5. Stereo mobil keras di Australia

Di beberapa bagian Australia, stereo mobil dengan suara keras adalah ilegal. Undang-undang ini dimaksudkan untuk memerangi polusi gangguan suara.


6. Klakson mobil di India

Di kota-kota tertentu di India yang sibuk seperti Mumbai, terdapat zona dilarang membunyikan klakson mobil. Area ini biasanya berada di dekat rumah sakit, sekolah, dan bangunan tempat tinggal.

7. Mobil diesel di Athena, Yunani

Mobil diesel dilarang memasuki pusat kota Athena karena kekhawatiran terhadap polusi udara. Undang-undang tersebut, yang diperkenalkan pada 1999, bertujuan memerangi masalah kabut asap di kota tersebut. Meskipun larangan tersebut telah dilonggarkan secara berkala selama krisis bahan bakar, namun secara umum larangan tersebut tetap berlaku.

8. Mobil kotor di Moskow, Rusia

Di Moskow, mengendarai mobil kotor bisa dikenakan denda. Undang-undang tersebut, bertujuan untuk meningkatkan estetika kota, mengamanatkan bahwa bahwa pelat nomor harus bersih dan terlihat sepenuhnya setiap saat. Meski tidak besar, denda tersebut cukup memberikan efek jera bagi pengemudi.

9. Makan dan minum saat mengemudi di Prancis

Di Prancis, makan dan minum sambil mengemudi merupakan tindakan ilegal. Undang-undang ini diperluas hingga melarang penggunaan cupholder di dalam kendaraan, mendorong pengemudi untuk menghindari gangguan dan fokus pada jalan.

10. Headset dan headphone bluetooth di Spanyol

Di Spanyol, perangkat apa pun yang mengeluarkan suara, termasuk headset dan headphone bluetooth , dilarang digunakan saat mengemudi. Hal ini merupakan bagian dari peraturan ketat untuk memastikan kemampuan pendengaran dan visual pengemudi tidak terhambat saat mengemudi.

MG/Athaya Ramadhan
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2089 seconds (0.1#10.140)