Mobil Tesla Ternyata Bisa Dicuri dengan Mudah Pakai Bluetooth

Rabu, 18 Mei 2022 - 23:35 WIB
loading...
Mobil Tesla Ternyata Bisa Dicuri dengan Mudah Pakai Bluetooth
Mobil Tesla Bisa dicuri dengan mudah menggunakan Bluetooth. FOTO/ IST
A A A
LONDON - Hanya dengan bermodal teknologi Bluetooth , seseorang dapat meretas dan mengambil alih mobil Tesla dengan mudah.

Seperti dilansir dari Bloomberg News, demonstrasi keselamatan yang didemonstrasikan oleh perusahaan sekuritas NCC Group dari Inggris untuk menunjukkan kelemahan pada beberapa model Tesla.



Namun menurut konsultan sekuritas utama NCC Group, Sultan Qasim Khan, kerentanan ini tidak hanya terjadi pada satu model atau produsen saja.

Dia menunjukkan temuannya kepada Bloomberg News di mana mobil Tesla dapat dibuka kuncinya menggunakan dua perangkat kecil sebagai media komunikasi.

Untuk membuka kunci mobil, Sultan Qasim Khan menempatkan satu relai dalam radius 14 meter dari perangkat pintar atau kunci, sementara perangkat lain terhubung ke laptop.

Menggunakan kode yang ditulis sendiri untuk kit Bluetooth, ia berhasil membuka kunci, masuk ke dalam, dan mengemudikan mobil dengan mudah.

Menariknya, sistem yang dikembangkan hanya berharga $100, di mana komponen yang dibutuhkan dapat diperoleh dengan mudah melalui pasar online.

Sultan Qasim menjelaskan, sistem keyless entry Tesla mengandalkan protokol Bluetooth Low Energy (BLE) yang awalnya dirancang untuk memudahkan menghubungkan berbagai jenis perangkat.

Namun kini menjadi masalah besar bagi sebagian besar pihak, dimana para hacker mampu membuka berbagai jenis teknologi pintar yang ada di rumah seperti sistem kunci rumah, mobil, perangkat pintar, laptop dan lain sebagainya.

Bahkan, lanjutnya, cara ini juga bisa digunakan pada mobil lain yang bukan merek Tesla , dan untuk mengatasi masalah tersebut, pabrikan seperti Tesla perlu melakukan perubahan hardware pada sistem keyless entry.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1679 seconds (0.1#10.140)