Tips Menyetir Mobil Manual di Tanjakan, Paling Penting Tetap Tenang

Selasa, 10 Oktober 2023 - 21:00 WIB
loading...
Tips Menyetir Mobil Manual di Tanjakan, Paling Penting Tetap Tenang
Cara menyetir mobil manual di tanjakan penting dikuasai oleh pengemudi. (Foto: Dok SINDOnews)
A A A
JAKARTA - Tips atau cara menyetir mobil manual di tanjakan sangat menarik untuk dibahas. Menyetir mobil manual di jalan tanjakan bukanlah hal yang mudah, butuh keahlian serta konsentrasi.

Namun, jangan khawatir karena ada beberapa tips yang bisa diikuti agar menyetir mobil manual di tanjakan bisa dilakukan dengan lancar. Berikut informasi lengkapnya.

Manfaatkan Rem Tangan

Agar berhasil menyetir dengan mobil manual di tanjakan, Anda harus pandai menggunakan rem tangan. Posisikanlah kaki kiri di pedal kopling dan injak secara penuh. Sementara itu, kaki kanan tetap bersiap untuk menginjak pedal gas dan tangan kiri mengendalikan tuas rem tangan.



Ketika mobil berhenti, tariklah rem tangan dan injak pedal kopling sampai kendaraan tertahan di tanjakan dan mesin dalam keadaan hidup. Satu hal yang harus sangat diperhatikan, Anda harus mengatur menggunakan rem tangan dan pedal kopling secara bersamaan supaya mobil tidak mundur.

Gunakan Gigi Rendah

Penggunaan gigi rendah juga harus dilakukan kala berada di tanjakan ketika mengemudikan mobil manual. Sayangnya, penggunaan kopling setengah saat di tanjakan masih banyak dilakukan oleh para pengendara. Padahal, cara tersebut dapat membuat kopling panas hingga jebol.

Pengemudi sebaiknya menggunakan gigi rendah seperti 1 dan 2 saat di tanjakan. Gigi 1 biasanya digunakan untuk tanjakan yang sangat tinggi, sedangkan gigi 2 digunakan di tanjakan yang relatif lebih landai. Karena itu, pengemudi harus pandai melihat kemiringan atau kecuraman tanjakan yang akan dilalui. Ketepatan pergantian gigi juga mampu mempertahankan kekuatan mobil saat menanjak.


Menggunakan Pedal Rem

Cara lain yang bisa diimplementasikan saat menghadapi jalan menanjak adalah dengan menggunakan pedal rem. Ketika mobil harus berhenti di tanjakan, injaklah kopling dengan kaki kiri dan pedal rem dengan kaki kanan. Saat mobil akan melaju, pindahkan kaki kanan Anda ke pedal gas sembari menekannya sampai RPM naik cepat ke angka 2.000. Bersamaan dengan itu, Anda bisa melepaskan pedal kopling hingga posisi setengah agar mobil tidak mundur.

Selain hal-hal teknis di atas, Anda juga diharuskan untuk memiliki ketenangan, apalagi ketika mobil berhenti mendadak di tanjakan . Usahakan untuk tetap berkonsentrasi dan menarik napas panjang agar bisa menentukan langkah tepat selanjutnya. Sebab, jika panik, bisa saja salah menginjak pedal atau mengambil langkah keliru, sehingga akan mengakibatkan hal-hal yang tidak diinginkan.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2532 seconds (0.1#10.140)