Begini Cara Mengemudi Mobil Manual di Turunan

Selasa, 07 Juni 2022 - 09:26 WIB
loading...
Begini Cara Mengemudi Mobil Manual di Turunan
Bagi pengendara tentunya harus memahami cara mengemudi mobil manual di turunan guna menghindari kecelakaan. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Bagi pengendara tentunya harus memahami cara mengemudi mobil manual di turunan guna menghindari kecelakaan . Keahlian dan ketenangan tentunya menjadi kunci dalam mengendarai mobil saat melaju turun.

Jalan menurun memang menjadi tantangan tersendiri bagi para pengemudi , khususnya pemula. Dikhawatirkan mereka tidak bisa mengontrol kecepatan mobil ketika melaju dan bisa berdampak buruk bagi dirinya ataupun pengendara lainnya.
Baca juga : Penyebab Kecelakaan, Tiger Woods Ngebut 140 KPJ di Jalan Menurun

Untuk itu, berhati hati dan selalu waspada dalam mengendarai mobil di turunan adalah hal yang perlu dilakukan. Namun, bukan itu saja, masih ada beberapa hal yang diperlukan.

Berikut cara mengemudi mobil manual di turunan seperti dilansir berbagai sumber :

1. Menggunakan Gigi Rendah

Cara pertama adalah dengan menurunkan gigi terlebih dahulu. Sebisa mungkin turunkan hingga pada posisi ke 2 dan biarkan mesin melakukan pengereman. Selanjutnya tekanlah rem sedikit demi sedikit untuk menjaga kecepatan atau rpm pada titik yang aman.

Menekan rem tidak perlu terlalu dalam, hal ini diperlukan supaya rem tidak cepat panas. Apabila masih terlalu cepat maka turunkanlah hingga gigi 1. Khusus untuk pemula, sebaiknya gunakan gigi 1 saja. Karena mobil tidak akan melaju dengan cepat menggunakan gigi 1.
Baca juga : Polisi: Penyebab Tabrakan di Simpang Rapak Balikpapan yang Tewaskan 5 Orang, Rem Blong dan Jalan Menurun

2. Menggunakan Rem Mobil

Cara mengemudi mobil manual di turunan yang kedua adalah dengan menggunakan rem mobil. Cara ini bertujuan agar mobil tidak overheat atau blong. Karena bisa menyebabkan kecelakaan saat di jalan menurun sehingga berbahaya untuk pengendara lain.

Masalah teknis yang perlu diperhatikan sebelum melewati jalan menurun adalah dengan mengecek kondisi kampas rem. Komponen ini sangat berperan penting dalam melewati turunan tajam.

Ketika kampas rem tidak diganti, tentunya rem tidak akan berfungsi dengan baik. Dan bisa menimbulkan kecelakaan.

Itulah cara mengemudi mobil manual di turunan. Meskipun sudah ahli dalam mengemudikan mobil, namun kondisi mobil harus tetap terjaga dengan baik. Sehingga mau bagaimanapun medan yang akan dihadapi mobil akan tetap dapat menghadapinya tanpa terkena masalah.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3060 seconds (0.1#10.140)