Ketika Mesin Turbo Honda Civic Type R Meraung di Sirkuit Mandalika

Rabu, 11 Oktober 2023 - 15:00 WIB
loading...
Ketika Mesin Turbo Honda Civic Type R Meraung di Sirkuit Mandalika
Mobil Civic Type R melaju di lintasan Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) di acara Honda TrackFEST, belum lama ini. Foto: HPM
A A A
MANDALIKA - Menjajal langsung Honda Civic Type R di lintasan Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), seolah memberi alasan valid mengapa penggemar Honda tergila-gila dengan mobil ini.

All New Honda Civic Type R 2023 adalah mobil terkencang sekaligus termahal yang dijual PT Honda Prospect Motor (HPM) di Indonesia. Dibanderol Rp1.399.000.000, harga Honda Civic Type R 2x lebih mahal dibanding Honda Civic Turbo RS yang sudah terlebih dulu dijual.

Meski demikian, pembeli mobil itu masih harus rebutan. Bahkan, harus rela menunggu hingga 2024 karena unit yang terbatas.

Ketika Mesin Turbo Honda Civic Type R Meraung di Sirkuit Mandalika

“Civic Type R adalah mobil yang baru terasa mengapa kita rela membayar mahal setelah dicoba langsung di sirkuit,” beber Fitra Eri, YouTuber sekaligus pemilik pertama All New Honda Civic Type R 2023.

Dan untungnya, kesempatan tersebut juga di dapatkan oleh SINDONews dalam acara Honda TrackFEST beberapa waktu lalu. Kesempatan langka untuk menjajal Honda Civic Type R di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Ekterior yang Galak
Ketika Mesin Turbo Honda Civic Type R Meraung di Sirkuit Mandalika

Sambil menanti giliran, SINDONews menikmati tampilan eksterior All New Honda Civic Type R yang diimpor langsung dari Jepang itu. Memang lebih galak. Setiap varian Type R memiliki emblem logo Honda berwarna merah. Logo ini hanya digunakan di mobil balap Honda yang turun dalam sebuah kejuaraan balap.

Memang, sepintas tampangnya mirip dengan Honda Civic Turbo RS. Tapi, sebenarnya perbedaannya banyak sekali. Bisa terlihat dari fender depan, spoiler, velg Alloy Wheel 19 inci dengan ban berkarakter sport, serta Triple Outlet Exhaust (tiga knalpot) di tengah.

Tentu saja, logo Type R di bodi cukup bikin penggemar otomotif deg-degan. Secara tampilan, nuansa balap di Honda Civic Type R masih kental. Tapi, tidak dominan sehingga ketika digunakan untuk harian pun mobil ini tidak akan mencolok.

Pun wajar jika John Cena memilih Honda Civic Type R sebagai mobil harian dibandingkan Lamborghini Countach. Karena inilah mobil balap yang nyaman dipakai harian.

Kokpit Serba Merah
Ketika Mesin Turbo Honda Civic Type R Meraung di Sirkuit Mandalika

Akhirnya tiba giliran SINDONews di depan kemudi. Jangan kaget dengan interior Honda Civic Type R yang serba merah. Mulai dari karpet, jok depan, hingga kursi belakang. Katanya, merah adalah warna balap.

Desain jok Sport Bucket Seats with Red Suede Style Fabric warna vivid red akan “memeluk” pengemudi di kecepatan tinggi. Tapi, tidak keras dan capek untuk harian.

Yang menarik adalah desain roda kemudi yang menggunakan material Alcantara Steering Material dengan aksen merah. Empuk, kesat, dan nyaman sekali digenggamnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2752 seconds (0.1#10.140)