Fuso Bakal Pamer Truk dengan Baterai Tukar di Japan Mobility Show 2023, Ganti Baterai Cukup 5 Menit

Sabtu, 14 Oktober 2023 - 08:21 WIB
loading...
Fuso Bakal Pamer Truk dengan Baterai Tukar di Japan Mobility Show 2023, Ganti Baterai Cukup 5 Menit
Truk Fuso dengan baterai tukar yang akan dipamerkan di Japan Mobility Show 2023. Foto: Fuso
A A A
JEPANG - Pameran Japan Mobility Show (JMS) pada 28 Oktober-5 November 2023 jadi ajang unjuk gigi teknologi baru produsen otomotif Jepang. Tahun ini, diyakini kendaraan listrik akan menjadi fokus utama demi menjawab tantangan di seluruh dunia.

Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC), misalnya, bakal pamer truk listrik eCanter dan stasiun penukaran baterai. Ini merupakan trus listrik generasi terbaru dari yang diperkenalkan pada 2017 lalu.

Generasi terbaru eCanter dirilis pada September 2022 lalu, di Jepang, untuk memenuhi kebutuhan logistik. Tapi saat ini penggunaan truk listrik tersebut sangat luar, tak terbatas pada bidang pengantaran barang.

Fuso akan membawa eCanter dengan tipper atau jungkit bak yang biasanya digunakan pada truk pengangkut pasir. Ini merupakan inovasi yang dilakukan oleh MFTBC untuk memperluas jangkauan penggunaan truk listrik.

Pabrikan asal Jepang ini menyiapkan teknologi eCanter dengan tipper yang dimungkinkan penambahan take off device (ePTO). Artinya eCanter dengan tipper itu bisa saja diangkat dan diturunkan melalui sistem hidrolik yang sumber tenaganya diambil dari mesin.

Hal ini akan memudahkan proses pemuatan dan pemindahan material truk tanpa memerlukan banyak bantuan manusia. Bukan hanya truk pasir, tapi MFTBC juga akan membawa truk sampah listrik berbasis baterai pada JMS 2023.

MFTBC mengatakan truk sampah eCanter itu bisa menyatu dengan lingkungan perkotaan. Desainnya yang futuristis, tanpa emisi saat dijalankan, minim kebisingan, dan mencegah penumpukan debu yang tidak diinginkan.

Paling mutakhir adalah MFTBC akan memamerkan stasiun penukaran baterai untuk truk eCanter. Hal ini untuk menjawab tantangan mengenai isu pengisian baterai kendaraan listrik yang memakan waktu lama.

MFTBC bekerja sama dengan Ample Inc dalam proyek percontohan penukaran baterai trus listrik menggunakan model eCanter terbaru. Kedua perusahaan itu akan memasang eCanter dengan Modular baterai yang dapat ditukar secara otomatis di stasiun swap.



“Di booth JMS 2023, MFTBC dan Ample akan memamerkan model eCanter terbaru dengan modl baterai yang dapat ditukar dan stasiun penukaran,” tulis MFTBC dalam keterangan resmi.

Proses penukaran baterai diklaim hanya memakan waktu 5 menit, sehingga sangat efisien bagi mobilitas kendaraan pengantar barang. Bahkan, waktu yang dibutuhkan lebih cepat ketimbangmengisiBBM.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2410 seconds (0.1#10.140)