Teknologi Wuling Berikan Kemudahan dan Kepraktisan Ngecas Baterai Air ev

Senin, 16 Oktober 2023 - 17:28 WIB
loading...
Teknologi Wuling Berikan Kemudahan dan Kepraktisan Ngecas Baterai Air ev
Teknologi Wuling Air ev berikan banyak kemudahan dan kepraktsisan. FOTO/ SINDOnews
A A A
JAKARTA - Wuling Air ev adalah mobil listrik yang dirancang untuk memberikan kemudahan dan kepraktisan bagi penggunanya.



Hal ini diamini oleh salah satu pengguna Air ev, Jasmine Andini yang mengaku menggunakan Wuling Air ev merasa sangat puas mobil listrik ini sangat irit, biaya pengisian daya terjangkau, dan mudah dikendarai. Selain itu, mobil listrik juga lebih ramah lingkungan.

"Saya sudah menggunakan Wuling Air ev selama 6 bulan, dan saya sangat puas. Mobil ini sangat irit, dan biaya pengisian daya juga sangat terjangkau. Saya bisa mengisi daya di rumah dengan menggunakan charger yang disediakan oleh Wuling, dan hanya membutuhkan waktu sekitar 6 jam untuk mengisi daya penuh. Selain itu, mobil ini juga sangat nyaman dikendarai, dan memiliki fitur-fitur yang cukup lengkap." ungkap Jasmine .

Wuling Air ev Lite menggendong baterai Lithium Ferro-Phosphate berkapasitas 17,3 kWh. Bikin mobil listrik Wuling bisa berkelana sejauh 200 km saat baterai penuh.

Mengecas baterainya pun mudah, masih dengan konsep easy home charging yang ramah dengan listrik rumahan. Pengisian di manapun, dengan daya minimal 2.200 Watt.

Selain mudah juga biayanya juga murah. Untuk tarif listrik rumah tangga berdaya 2.200W ialah Rp1.444,70 per kWh sedangkan daya 3.500 W - 6.600 W Rp1.699,53.

Maka untuk sekali pengisian penuh Air ev tipe Long Range dengan baterai berkapasitas 26,7 kWh (1.444,70 X 26,7) hasilnya Rp38 ribuan dan Rp44 ribuan untuk daya 3.500 Watt hingga 6.000 Watt

Kemudian jika pengisian di SPKLU tarif per kWh-nya Rp2.467 dan total biaya sekali pengisian penuh sekitar Rp65 ribuan (Long Range) dan Rp42 ribuan (Standar Range dan Lite)

Soal keamanan, baterai yang dipakai Air ev Lite sudah terjamin dengan standar IP67 dan telah melalui pengujian dalam berbagai kondisi ekstrem.

Lantas berapa biaya perawatan Wuling Air ev? Apakah lebih murah dibanding mobil bensin? Di bawah ini adalah penjelasan biaya perawatan berkala berdasarkan petunjuk yang diberikan Wuling Motors Indonesia kepada konsumennya.

Dari data yang diperoleh dari Wuling Motors Indonesia total perawatan berkala mobil listrik Air ev hingga 100 ribu km hanya Rp3,9 juta. Lama pengerjaan servis berkala ini bervariasi namun lebih ringkas dibandingkan mobil ICE.

Adapun service pertama adalah ketika mobil mencapai 5.000 km dengan Rp345 ribu. Jenis perawatan yang dilakukan adalah penggantian oli gardan (Rp165 ribu) ditambah dengan jasa perbaikan Rp180 ribu. Total biaya perawatan pertama adalah Rp345 ribu.

Perawatan berkala selanjutnya adalah ketika odometer menyentuh angka 10.000 km. Di sini, konsumen hanya perlu mengganti filter AC seharga Rp80 ribu, ditambah jasa perbaikan Rp160 ribu. Sehingga total biaya perawatan berkala di interval 10 ribu km adalah 240 ribu.

Perawatan berkala selanjutnya adalah setiap interval 10 ribu km, hingga genap 100 ribu km. Adapun biaya termahal dalam perawatan berkala ada di interval 20 ribu dan 80 ribu km. Di interval itu, spare part yang diganti adalah oli gardan (Rp165 ribu), minyak rem 2 pcs (Rp134 ribu) dan biaya jasa perbaikan Rp260 ribu.

Begitu seterusnya hingga perawatan berkala 100 ribu km yang jika ditotal biayanya sebesar Rp3,912 juta.

Kendaraan yang menggabungkan sentuhan teknologi dan futuristik ini dibekali dengan berbagai fitur modern yang inovatif, seperti Intelligent Tech-Dashboard, Multifunction Steering Wheel, Integrated Floating Widescreen, serta Futuristic Center Console.

Wuling juga menyertakan inovasi lainnya di Standard Range dan Long Range, yaitu perintah suara berbahasa Indonesia pertama dan satu-satunya bernama Wuling Indonesian Command (WIND).

Kemudian, sistem pengereman didukung dengan rem cakram pada roda depan dan belakang, ABS, EBD, Hill Hold Control (HHC), TPMS, dan Sound Module for pedestrian Warning.

Kenyamanan juga menjadi daya tarik dari kabin Wuling Air ev yang roomy dengan konfigurasi 4-seater dengan pengaturan 50:50 pada bangku baris kedua untuk memberikan akses lebih.

Wuling Motors (Wuling) resmi meluncurkan varian baru dari mobil listrik mereka. Disebut Air ev Lite yang dibanderol Rp206.000.000 (OTR Jakarta). Namun, ketika ditambah insentif PPN dari pemerintah, konsumen bisa memiliki mobil listrik terbaru ini cukup Rp188.900.000.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1183 seconds (0.1#10.140)