Kehebatan Kendaraan Tempur Buggy Alabai Rusia, Supercepat di Segala Medan

Senin, 23 Oktober 2023 - 07:13 WIB
loading...
Kehebatan Kendaraan Tempur Buggy Alabai Rusia, Supercepat di Segala Medan
Kendaraan off-road Buggy Alabai diproduksi F-Motorsport. (Foto: Sputnik)
A A A
JAKARTA - Militer Rusia memiliki kendaraan tempur baru Buggy Alabai yang diproduksi F-Motorsport, untuk diterjunkan di zona operasi militer khusus.

Kendaraan off-road ini akan terlibat dalam operasi militer memburu tank Ukraina hingga transportasi pasukan dan evakuasi prajurit yang terluka. Nama Alabai terinspirasi dari jenis anjing penggembala Asia Tengah. Kendaraan tempur ini pertama kali diperkenalkan pada 2016 dan telah teruji keandalan dan kelincahannya melibas segala medan.

Dilansir dari Sputnik, Senin (23/10/2023), Buggy Alabai dilengkapi dengan motor dan sistem penggerak kuat, dengan mesin berdaya 150 tenaga kuda memungkinkan melaju hingga 140 km per jam bahkan dalam kondisi off-road.

Buggy Alabai juga dilengkapi senjata mesin kaliber 7,62 mm dan peluncur granat AGS-30 yang mengubahnya menjadi kendaraan tempur ringan.



Selain berfungsi sebagai kendaraan tempur, Buggy Alabai juga handal digunakan sebagai alat pengangkut, mengirimkan prajurit ke garis depan, mengantarkan persediaan medis, makanan, dan amunisi, serta mengevakuasi personel terluka menggunakan kereta yang terpasang di bagian belakang dengan towbar. Buggy Alabai mampu mengangkut lebih dari 500 kilogram beban.

“Kami telah menerima enam dari kendaraan ini, lima di antaranya sudah berada di area operasi militer khusus," kata perwakilan dari Front Rakyat Seluruh Rusia, koalisi politik yang dibuat oleh Vladimir Putin pada 2011.
Front Rakyat telah menggalang dana untuk pembelian buggy Alabai di situs webnya.

"Alabai serbaguna ringan hadir sebagai respons atas operasi militer modern, yang membutuhkan mobilitas dan manuverabilitas kendaraan dengan kemampuan tinggi. Kendaraan ini sudah diuji dalam kondisi yang paling sulit,” kata Direktur F-Motorsport, Eduard Mymrin.



Alabai telah bergabung dengan berbagai kendaraan tempur lainnya yang telah dikerahkan Rusia di garis depan. Mulai dari kendaraan utilitas segala medan untuk memburu tank yang dilengkapi dengan sistem peluru kendali anti-tank, hingga Niva 4x4 dan SUV dan pikap UaZ yang telah dimodifikasi.

Dalam pertempuran modern seperti operasi militer Rusia di Ukraina mobilitas pasukan dan persenjataan seperti drone , rudal, serta alutsista lain di garis depan, sangat penting. Kemenangan dan kekalahan tergantung pada seberapa cepat pasukan, tank, dan peralatan lain dapat dimobilisasi.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3611 seconds (0.1#10.140)