Bukan Tesla, Mobil Listrik Terlaris di Israel Ternyata Merek China

Selasa, 24 Oktober 2023 - 07:05 WIB
loading...
Bukan Tesla, Mobil Listrik Terlaris di Israel Ternyata Merek China
Mobil listrik China merajai pasar Israel, karena dianggap kompetitif. Foto: CarNewsChina
A A A
ISRAEL - Banyak yang mengira T esla adalah mobil listrik terlaris di Israel. Tapi, faktanya justru bikin heran.

Langkah Elon Musk sempat menuai kontroversi ketika memutuskan untuk menggratiskan semua Supercharger Tesla di Israel. Langkah tersebut dilakukan menyusul serangan teror Hamas pada akhir pekan sebelumnya.

“Semua Tesla Supercharger di Israel gratis,” kata Musk dalam sebuah postingan di X, platform yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter.

Setidaknya ada 17 Supercharger aktif di Israel, dengan lokasi mulai dari Israel utara dekat perbatasan dengan Lebanon hingga Tel Aviv dan Yerusalem, hingga ujung selatan Israel di Eilat di Laut Merah.

Banyak yang mengira Tesla adalah mobil listrik terlaris di Israel. Tapi, faktanya justru sebaliknya.Merek-merek China justru menduduki puncak penjualan kendaraan listrik (EV) Israel dalam delapan bulan pertama 2023, menurut data dari Asosiasi Importir Kendaraan Israel.

Merek kendaraan listrik terlaris di Israel adalah produsen mobil Tiongkok BYD, yang menjual 12,168 unit mobil, terutama SUV crossover subkompak Atto 3, selama periode Januari-Agustus 2023.

BYD juga naik satu posisi ke posisi keempat dalam peringkat penjualan mobil Israel secara keseluruhan yang mencakup mobil bensin dan listrik.

Geely Auto Group, produsen mobil China lainnya, menjual total 5.581 unit crossover kompak Geometry C pada periode yang sama, menempati posisi kedua dalam penjualan kendaraan listrik di Israel.

Produsen mobil Amerika Tesla berada di posisi ketiga dengan 4.948 mobil listrik terjual, diikuti oleh Hyundai Motor Korea Selatan dengan 3.879 mobil.

Dalam hal penjualan mobil berbahan bakar bensin, produsen mobil China Chery Automobile Corporation, yang memasuki pasar Israel pada akhir 2022, menempati posisi ketujuh dengan 9.820 mobil terjual.



Ada beberapa alasan mengapa di Israel justru banyak mobil China. Pertama, karena harga yang kompetitif.

Mobil-mobil China umumnya dijual dengan harga yang lebih murah daripada mobil-mobil buatan Eropa atau Amerika Serikat. Kemudian, mobil-mobil China modern dilengkapi dengan berbagai fitur yang canggih, seperti sistem infotainment layar sentuh, kamera parkir, dan sistem bantuan pengemudi. Fitur-fitur ini biasanya hanya tersedia di mobil-mobil kelas atas dariprodusenlain.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3567 seconds (0.1#10.140)