Cuaca Ekstrem, Begini Tips Merawat Ban Mobil Agar Tidak Cepat Rusak

Kamis, 26 Oktober 2023 - 19:50 WIB
loading...
Cuaca Ekstrem, Begini Tips Merawat Ban Mobil Agar Tidak Cepat Rusak
Dalam cuaca ekstrem, para pemilik mobil perlu menjaga kondisi ban agar tidak cepat rusak di suhu yang sangat panas. Foto/The News Wheel
A A A
JAKARTA - Dalam cuaca ekstrem , para pemilik mobil perlu menjaga kondisi ban agar tidak cepat rusak di suhu yang sangat panas. Bukan tanpa alasan, ban yang tidak dirawat secara maksimal, dapat berpotensi meledak.

Tentu ini akan sangat membahayakan, terlebih jika insiden ini terjadi saat kendaraan dipacu dalam kecepatan tinggi. Berikut ini adalah tips jaga kondisi ban mobil agar tidak cepat rusak saat cuaca ekstrem, dilansir dari The News Wheel, Kamis (26/10/2023).

1. Bersihkan Ban

Salah satu faktor kunci agar kondisi ban selalu prima adalah dengan selalu menjaga kebersihan ban. Ini bisa dilakukan dengan mudah di rumah di rumah menggunakan semprotan dan sikat pembersih ban.



Agar lebih maksimal gunakan juga wax khusus ban untuk membantu melindungi ban dari suhu ekstrem. Wax ban sendiri bisa didapatkan dengan mudah di bengkel-bengkel terdekat.

2. Periksa Ban Secara Berkala

Mengingat ban memiliki masa pakai, penting untuk selalu memeriksa kondisi ban guna memastikan apakah ban masih prima atau sudah minta diganti. Pemeriksaan perlu dilakukan secara berkala.

Idealnya dilakukan dua minggu sekali, cek apakah ada tanda-tanda keretakan, gumpalan, gelembung, atau ada keausan. Pastikan juga tekanan ban sudah sesuai dengan standar yang direkomendasikan.

3. Ganti Ban

Jika setelah dicek kondisi ban ternyata sudah tidak prima lagi, maka segeralah lakukan penggantian ban agar terhindar dari bahaya. Jangan pernah menunggu ban hancur dulu baru diganti.



Bagi yang biasa menggunakan ban musim dingin juga disarankan untuk mengganti ban khusus musim panas. Sebab, setiap ban memiliki karakteristik yang berbeda dan sebagai pengguna harus pintar-pintar menyesuaikan.
(wib)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2260 seconds (0.1#10.140)
pixels