Biar Tak Salah Pilih, Ini Cara Tentukan Ukuran Helm yang Tepat

Minggu, 05 November 2023 - 23:20 WIB
loading...
Biar Tak Salah Pilih, Ini Cara Tentukan Ukuran Helm yang Tepat
Mengetahui ukuran helm yang tepat sangat penting bagi pengendara sepeda motor agar merasa nyaman dan aman di perjalanan. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Mengetahui ukuran helm yang tepat sangat penting bagi pengendara sepeda motor agar merasa nyaman dan aman di perjalanan. Helm tidak hanya asal digunakan, tapi pastikan juga kondisi helm benar-benar pas dengan seluruh bagian kepala.

Helm memiliki fungsi penting sebagai pelindung kepala saat berkendara dengan sepeda motor . Oleh sebab itu, ukuran helm yang akan digunakan untuk mengendarai sepeda motor harus tepat dan harus sesuai SNI.

Penggunaan helm yang sesuai akan membuat nyaman selama berkendara dan tidak merasa berat atau pusing. Sama seperti pakaian, helm juga memiliki beragam ukuran yang dapat menyesuaikan bentuk kepala.



Ada beragam ukuran, mulai dari S, M, L, XL, 2XL sampai dengan 5XL. Ukuran tersebut bukan berdasarkan dimensi helm, tapi lingkar dalam yang disesuaikan dengan dimensi lingkar kepala pemakainya.

Tapi, masih ada yang kesulitan bagaimana cara yang tepat untuk dapat mengetahui helm dengan ukuran lingkar kepala yang tepat. Dikutip dari berbagai sumber, cara berikut dapat dilakukan ketika memilih helm yang pas dan membuat nyaman ketika digunakan.

1. Tidak Mudah Bergeser ketika Digunakan

Cara pertama yang dapat Anda lakukan ketika memilih helm adalah dengan mencobanya terlebih dahulu. Setelah itu, pastikan bahwa ketika helm digunakan tidak mudah bergeser ke kanan atau ke kiri.

Apabila helm yang Anda coba mudah bergeser, itu artinya ukuran tersebut tidak pas dengan lingkar kepala. Helm tersebut terlalu besar sehingga akan membuat Anda merasa tidak nyaman.



Helm yang tak nyaman saat mengendarai sepeda motor juga dapat membahayakan diri Anda. Dengan demikian, usahakan untuk memilih helm yang tidak mudah bergeser saat dipakai.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2467 seconds (0.1#10.140)