Honda Siapkan Skuter Listrik dengan Baterai yang Dapat Ditukar

Minggu, 12 November 2023 - 08:23 WIB
loading...
Honda Siapkan Skuter Listrik dengan Baterai yang Dapat Ditukar
Honda mengonfirmasi segera memproduksi massal skuter listrik Honda SC e: setelah memamerkan di ajang EICMA Milan Motorcycle Show 2023. Foto/Electrek
A A A
TOKYO - Honda mengonfirmasi segera memproduksi massal skuter listrik Honda SC e: setelah memamerkan di ajang EICMA Milan Motorcycle Show 2023. Dengan tampilan desain baru Honda menargetkan skuter listrik Honda SC e: melakukan debut pada tahun 2025.

Meskipun masih cukup lama, tentu ini merupakan kabar baik. Sebab, Honda merupakan perusahaan yang selama ini selalu fokus pada kendaraan listrik roda dua dan empat hingga saat ini.

Menurut Honda, skuter listrik SC e: menampilkan garis desain ultra-modern yang khas, lantai datar yang besar, dan jok yang panjang dan lebar. Motor listrik ini akan dilengkapi dengan dua baterai Honda Mobile Power Pack e: yang dapat ditukar untuk jarak berkendara yang lebih jauh.



“Sistem ini mendukung pelanggan yang mencari mobilitas perkotaan yang bebas emisi, tenang, dan kompak. Termasuk manfaat tambahan yaitu dapat mengisi ulang tenaga dalam kenyamanan rumah,” keterangan Honda dikutip SINDOnews dari laman Electrek, Minggu (12/11/2023).

Honda SC e: bukan skuter listrik Honda pertama, tahun lalu di acara yang sama Honda meluncurkan skuter listrik Honda EM1 yang lebih kecil, untuk pasar Eropa. Honda SC e: adalah yang pertama dari 10 sepeda motor listrik baru Honda yang dijanjikan akan diperkenalkan pada tahun 2025.
Honda Siapkan Skuter Listrik dengan Baterai yang Dapat Ditukar


Honda SC e: merupakan skuter listrik yang lebih besar melanjutkan pengembangan yang dilakukan Perusahaan otomotif asal Jepang ini. Meskipun waktu terus berjalan jika Honda ingin menghadirkan 10 kendaraan roda dua listrik yang dijanjikan hanya dalam dua tahun ke depan.

Pabrikan sepeda motor Jepang ini juga sedang mengerjakan model menarik lainnya, termasuk sepeda listrik konsep dan Honda Motocompacto yang baru saja dirilis. Skuter listrik berukuran pint ini dirancang jauh lebih kecil dan lebih portabel, sehingga dapat disimpan di bagasi mobil dan digunakan untuk memperluas jangkauan pengemudi di perkotaan.



Berbeda dengan skuter listrik perusahaan yang lebih besar, Motocompacto tidak menggunakan unit Mobile Power Pack e: (MPP e:) Honda, yang merupakan baterai yang dapat ditukar yang dirancang sendiri oleh Honda. Baterai MPP e: adalah paket baterai bergaya Gogoro yang masing-masing memiliki berat sekitar 10 kg (22 lb) dan dapat ditukar di kios kecil yang terletak di sekitar perkotaan.

Honda telah mulai menguji sistem ini di Jepang dan India. Penerapannya saat ini cukup terbatas dibandingkan dengan ribuan stasiun pertukaran yang sudah digunakan oleh kompetitor seperti Kymco dan Gogoro.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2686 seconds (0.1#10.140)