5 Perbedaan RX King dan RX Spesial, Nomor Terakhir Terlihat Jelas

Minggu, 19 November 2023 - 23:14 WIB
loading...
5 Perbedaan RX King dan RX Spesial, Nomor Terakhir Terlihat Jelas
Motor RX King dan RX Spesial merupakan motor 2 tak yang ikonik sehingga banyak disukai para pecinta otomotif. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Motor Yamaha RX King dan RX Spesial merupakan motor 2 tak yang ikonik. Tak heran Yamaha RX King dan RX Spesialmasih banyak disukai para pecinta otomotif.

Pabrikan otomotif asal Jepang, Yamaha , menghadirkan RX pertama kali di Indonesia pada tahun 1977 dengan model Yamaha RX100. Selanjutnya dari tahun 1981-1983, Yamaha menghadirkan RX Spesial di Indonesia pada tahun tersebut.

Untuk RX King mulai mengaspal di Indonesia sejak tahun 1983 hingga tahun 2009. Untuk saat ini Yamaha RX King yang bisa dibilang generasi paling muda, berikut perbedaan RX King dan RX Spesial:

1. Usia

RX Spesial lebih tua dari RX King, dengan masa produksi yang dimulai pada tahun 1981 hingga 1983. Sedangkan RX King mulai diproduksi pada tahun 1983 dan terus diproduksi hingga tahun 2009.


2. Desain

RX Spesial memiliki desain yang lebih klasik, dengan half fairing yang menutupi batok lampu. Sementara itu, RX King memiliki desain yang lebih modern dan agresif, dengan tangki bahan bakar berbentuk kotak.

3. Mesin

RX Spesial ditenagai oleh mesin 2 tak berkapasitas 115 cc yang mampu menghasilkan tenaga 15,5 hp pada 8500 rpm. Yamaha RX Spesial sudah dilengkapi pendingin udara dan tangki bahan bakar berkapasitas 9,5 liter.

Sedangkan RX King ditenagai oleh mesin 2 tak berkapasitas 132 cc, dilengkapi sistem pendingin udara. Karburatornya berjenis VM 26 Mikuni yang mampu mengeluarkan tenaga 18,5 hp.

4. Rasio Kompresi

Rasio kompresi merupakan perbandingan antara volume total silinder dengan volume ruang bakar ketika piston berada di titik yang terendah dan tertinggi.



Untuk RX Spesial, perbandingan kompresinya adalah 6:6:1, sedangkan pada RX King baik generasi pertama maupun generasi kedua perbandingan kompresinya adalah 6:9:1.

5. Fitur

RX Spesial memiliki fitur yang cukup lengkap untuk ukuran motor 2 tak pada masanya. Fitur-fitur tersebut antara lain rem belakang jenis tromol, lampu depan jenis halogen, dan speedometer analog.

RX King juga memiliki fitur-fitur yang lengkap, namun dengan teknologi yang lebih modern. Fitur-fitur tersebut antara lain rem belakang jenis cakram, lampu depan jenis halogen, dan speedometer digital.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2920 seconds (0.1#10.140)