Honda Tampilkan Modul Sel Bahan Bakar Hidrogen, Disetel untuk Sumber Tenaga CR-V

Selasa, 21 November 2023 - 22:38 WIB
loading...
Honda Tampilkan Modul Sel Bahan Bakar Hidrogen, Disetel untuk Sumber Tenaga CR-V
Honda kembali menampilkan modul sel bahan bakar pada Pekan Hidrogen Eropa 2023 di Brussels. Foto/Honda/Green Car Reports
A A A
TOKYO - Honda kembali menampilkan modul sel bahan bakar pada Pekan Hidrogen Eropa 2023 di Brussels. Honda memberikan beberapa rincian lebih lanjut tentang modul sel bahan bakar generasi berikutnya hasil kerja sama dengan General Motors.

Modul baru ini pertama kali ditampilkan di pameran otomotif Tokyo 2023 dan telah dikonfirmasi untuk digunakan di Amerika Utara. Honda telah mengkonfirmasi sistem penyimpanan energi di Eropa yang menggabungkan energi terbarukan dengan hidrogen .

Namun, ini adalah pertama kalinya Honda membahas penerapan lain untuk Eropa, termasuk mobil penumpang, kendaraan komersial, peralatan konstruksi, dan pembangkit listrik stasioner. Sistem ini akan memulai debutnya di Amerika Utara dalam versi Honda CR-V, dibuat di Ohio mulai tahun 2024.



“Peningkatan dibandingkan sistem sel bahan bakar sebelumnya mencakup dimensi yang ringkas, serta waktu penyalaan yang cepat, bahkan dalam suhu rendah,” kata Ingo Nyhues, wakil manajer umum, perencanaan dan pengembangan bisnis Eropa, Honda Motor Europe, dikutip SINDOnews dari laman greencarreports, Selasa (21/11/2023).

Hidrogen CR-V mengikuti Clarity Fuel Cell, yang diperkenalkan dengan bahan bakar generasi terakhir. tumpukan sel dari Honda, pada tahun 2017. Sistem generasi berikutnya juga akan diterapkan pada semi sel bahan bakar, dalam proyek bersama Isuzu.
Honda Tampilkan Modul Sel Bahan Bakar Hidrogen, Disetel untuk Sumber Tenaga CR-V


Kedua perusahaan berencana untuk memulai demonstrasi prototipe truk sel bahan bakar di jalan umum pada akhir Maret, dengan model produksi menyusul pada tahun 2027. Mitra Honda, GM, juga menekankan rencana untuk menempatkan sel bahan bakar di semi-semi, berkolaborasi dengan produsen truk Navistar untuk membangun armada 2.000 semi-hidrogen.

Namun tidak seperti Honda, GM menjauhkan diri dari gagasan penggunaan teknologi sel bahan bakar pada mobil penumpang. Sesuatu yang telah dilakukan oleh produsen mobil AS selama beberapa dekade.



Honda juga terlibat dalam proyek yang menjajaki kemungkinan pembakaran internal hydrogen, khususnya untuk sepeda motor. Proses ini hanya membakar hidrogen dalam mesin pembakaran, bukan bahan bakar fosil, sedangkan sel bahan bakar menggunakan hidrogen untuk menghasilkan listrik yang menggerakkan motor listrik.

Baik itu sel bahan bakar atau pembakaran hidrogen, terbatasnya ketersediaan hidrogen kemungkinan besar akan tetap menjadi kendala. Menurut Departemen Energi (DOE), saat ini hanya terdapat 59 stasiun pembangkit listrik tenaga hidrogen di AS dan hanya satu yang dapat diakses publik.

Hal ini mengikuti pola penerapan selama puluhan tahun yang tidak memenuhi janji industri. Berdasarkan komitmen industri, California Air Resources Board (CARB) pada tahun 2021 memproyeksikan 100 stasiun hidrogen ritel beroperasi pada akhir tahun 2023.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2011 seconds (0.1#10.140)