XForce Hybrid Disiapkan, Mitsubishi Bantah Thailand Lebih Penting Dibanding Indonesia

Selasa, 05 Desember 2023 - 13:37 WIB
loading...
XForce Hybrid Disiapkan, Mitsubishi Bantah Thailand Lebih Penting Dibanding Indonesia
Mitsubishi mengaku sudah menyiapkan compact SUV XForce hybrid di pasar Indonesia. Foto: MMKSI
A A A
JAKARTA - Mitsubishi Motor Corporation (MMC) bakal memproduksi dan meluncurkan Xpander Hybrid di Thailand. Ini ¬menimbulkan banyak pertanyaan, mengingat Mitsubishi Xpander pertama diluncurkan di Indonesia. Apakah artinya pasar Thailand lebih penting dibandingkan Indonesia?

Ditanya hal itu, Presiden Direktur PT PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Atsushi Kurita buru-buru membantahnya. ”Thailand dan Indonesia bagi Mitsubishi Motors sama-sama penting, sebab keduanya menjadi basis produksi terbesar kami di Asia tenggara,” ungkap Atsushi san dalam acara XForce Infinite Xcitement – Media Adventure 2023 di Yogyakarta, Senin (4/12).

Menurutnya, memang ada alasan khusus mengapa Mitsubishi Motors mendahulukan Thailand untuk memproduksi Xpander Hybrid. Atsushi mengatakan, Thailand memang sangat cocok untuk mobil-mobil elektrifikasi jenis hybrid.

“Tanpa (mobil) hybrid, berjualan mobil di Thailand sangat sulit. Sebab, perpajakan hybrid lebih menguntungkan. Bahkan, mobil hybrid lebih murah daripada Internal Combustion Engine (ICE). Itu alasan utamanya. Jika tidak mengandalkan ICE, kami tidak akan bisa bersaing. Maka, Thailand jadi prioritas untuk Xpander hybrid,” ungkapnya.

XForce Hybrid Disiapkan, Mitsubishi Bantah Thailand Lebih Penting Dibanding Indonesia

Mitsubishi XForce di Candi Prambanan. Foto: MMKSI

Sebelumnya Asia Nikkei memberitakan, Mitsubishi Motors akan mulai memproduksi kendaraan hybrid di Thailand awal tahun depan. Thailand akan menjadi basis produksi hybrid untuk disebar di sejumlah negara. Thailand akan menjadi negara pertama yang memproduksi mobil hybrid Mitsubishi di luar Jepang.
Terkait kehadiran model hybrid di Indonesia, Atsushi menyebut bahwa pihaknya sudah melakukan riset dan persiapan.

“Kami sudah melakukan studi sejak 3 tahun lalu. Termasuk untuk Mitsubishi XForce, yang sangat memungkinkan untuk dibenamkan mesin hybrid,” ungkap Atsushi.

Mulanya, Atsushi melanjutkan, PT MMKSI memang masih fokus pada kendaraan ICE. “Tapi, karena kompetitor sudah mulai banyak mengenalkan model hybrid, kami pun sudah siap. Intinya, hanya waktu saja yang belum kita umumkan. Tapi, persiapan sudah dilakukan, mohon maaf jika terlambat,” beber Atsushi.



Mitsubishi XForce sendiri merupakan varian terbaru untuk bersaing di pasar compact SUV. Tentu saja, kehadiran Mitsubishi XForce hybrid nantinya akan membuat model tersebut lebih kompetitif.

Uniknya, Mistubishi XFroce sangat dimintai oleh kaum hawa. Menurut GM of Marketing Communication & PR Division PT MMKSI Intan Vidiasari, 40 persen pembeli Mitsubishi XForce menggunakan nama perempuan. “Bahkan mungkin penggunanya lebih besar dari itu. Karena ada juga yang SPK suaminya, tapi yang menggunakan istrinya,”ungkapIntan.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2642 seconds (0.1#10.140)