Uji Tabrak, Mitsubishi XForce Raih Bintang Lima

Senin, 05 Agustus 2024 - 21:07 WIB
loading...
Uji Tabrak, Mitsubishi...
Mitsubishi XForce menorehkan performa luar biasa pada penilaian 2021-2025 dengan meraih rating bintang lima di semua kategori penilaian. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Perangkat keamanan mobil wajib memenuhi standar melalui tes uji tabrak ASEAN New Car Assessment (NCAP). Hasil sempurna diraih untuk membuktikan struktur serta konstruksi suatu kendaraan.

Kali ini ASEAN NCAP melakukan tes uji tabrak pada mobil terbaru Mitsubishi XForce . Mobil SUV yang dirancang khusus untuk konsumen Indonesia itu mendapatkan rating sempurna bintang lima.

"Mitsubishi XForce menorehkan performa luar biasa pada penilaian 2021-2025 saat ini dengan meraih rating bintang lima di semua kategori penilaian," tulis pihak ASEAN NCAP dalam keterangan resmi dilansir Senin (5/8/2024).

ASEAN NCAP menguji tipe Exceed untuk pasar Asia Tenggara. Saat pengujian, dummy diposisikan sebagai penumpang yang mengalami goncangan terberat saat kecelakaan terjadi. Hasilnya, XForce meraih total skor 79,15 poin.



Posisi tes dengan menabrak bagian depan mobil untuk memastikan kompartemen penumpang SUV tetap stabil. Data pengujian juga menunjukkan perlindungan yang memadai diberikan pada dada dan kaki bagian bawah dummy.

Pada tes side impact test, keamanan mobil juga memberikan perlindungan memadai pada dada pengemudi selama uji benturan samping. Tidak ditemukan kerusakan berarti pada dummy atau penumpang tiruan saat dilakukan uji tabrak samping.

Untuk skor yang diberikan pada pelindungan penumpang dewasa atau Adult Occupant Protection, XForce berhasil meraih nilai 26,01 poin dari nilai maksimal 27,91 poin. Sedangkan perlindungan anak meraih nilai 43,43 poin dari skor maksimal 51 poin.



Sejumlah fitur keamanan pada XForce juga diuji coba oleh ASEAN NCAP, seperti 4 airbag sebagai standar dengan Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Stability Control (ESC), Seatbelt Reminder System (SBR) untuk penumpang kursi depan dan belakang serta teknologi Pedestrian Protection (PP) di semua variannya.

XForce juga dibekali beberapa teknologi keselamatan utama sebagai standar maupun opsional, yang terdiri dari Autonomous Emergency Braking (AEB) City, AEB Inter-Urban, Forward Collision Warning (FCW), Blind Spot Detection (BSD) dan Auto High Beam (AHB).

Seluruh perangkat keamanan tersebut mendapatkan nilai 14,85 poin. Sementara untuk perlindungan pengendara sepeda motor, XForce mendapatkan nilai 12,39 poin.
(msf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2358 seconds (0.1#10.140)