Mau Motor Irit Bensin? Perhatikan 7 Hal Ini

Rabu, 06 Desember 2023 - 05:58 WIB
loading...
Mau Motor Irit Bensin? Perhatikan 7 Hal Ini
Pengendara sepeda motor yang memiliki mobilitas tinggi perlu menghemat bahan bakar untuk menekan pengeluaran. Foto/Wahana Honda
A A A
JAKARTA - Pengendara sepeda motor yang memiliki mobilitas tinggi perlu menghemat bahan bakar untuk menekan pengeluaran dan membuat kondisi finansial lebih baik. Cara mengendarai motor yang tepat dan efektif bisa mempengaruhi penggunaan BBM menjadi lebih hemat.

Oleh sebab itu, perhatikan cara berkendara yang tepat seperti dibagikan oleh Wahana Honda.

1. Hindari Kemacetan

Sebelum melakukan perjalanan, ada baiknya untuk memeriksa rute perjalanan melalui aplikasi navigasi atau peta jalan di smartphone. Langkah ini dapat menghindari kepadatan lalu lintas dan memilih jalur alternatif.

2. Sederhanakan Akselarasi

Melakukan akselarasi berlebihan merupakan perilaku yang membuat konsumsi BBM juga menjadi boros. Oleh sebab itu, demi menghemat konsumsi BBM, biasakan lakukan akselarasi secara perlahan.


3. Jaga Kecepatan

Menjaga kecepatan motor dalam posisi konstan untuk waktu tertentu juga dapat membantu menghemat konsumsi BBM.

4. Hindari Mainkan Rem

Pengereman yang tidak perlu akan menyebabkan motor harus mengulang akselarasinya, dan akselarasi tersebut membuat konsumsi BBM menjadi lebih boros.

5. Perhatikan Muatan

Ini kebiasaan umum, para pemotor membawa beban melebihi batasan daya angkut. Ini sebenarnya bisa jadi penyebab utama motor bekerja lebih keras sehingga konsumsi BBM menjadi lebih boros.

6. Tekanan Ban

Tekanan ban juga dapat mempengaruhi konsumsi BBM. Jadi perlu melakukan pemeriksaan tekanan ban secara berkala pada saat akan berkendara. Jika tekanan ban di bawah batas yang ditentukan, semakin banyak permukaan ban yang menyentuh jalanan. Hal tersebut membuat motor jadi lebih berat ketika akan berakselarasi.


7. Perhatikan Aerodinamis Kendaraan

Hindari memasang aksesoris motor yang bisa mengganggu aerodinamis, karena bisa menahan laju angin yang dapat membuat motor bekerja ekstra keras.

Selain 7 hal tersebut, perlu diperhatikan pula kondisi motor Anda. Usahakan kondisi motor Anda selalu dalam keadaan prima.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7851 seconds (0.1#10.140)