Ferrari Siapkan Buat Joystick ala Video Game untuk Mobil Otonom Masa Depan

Sabtu, 09 Desember 2023 - 09:24 WIB
loading...
Ferrari Siapkan Buat Joystick ala Video Game untuk Mobil Otonom Masa Depan
Ferrari menyiapkan teknologi masa depan berupa joystick ala video game untuk mobil otonom. Foto: Ferrari
A A A
ITALIA - Ferrari ternyata menyiapkan teknologi baru untuk mengendalikan mobil sport buatan mereka. Uniknya teknologi baru itu tidak ubahnya seperti joystick yang ada di video game.

Ferrari ternyata tengah menyiapkan teknologi baru untuk mengendalikan mobil sport buatan mereka di masa depan. Uniknya teknologi baru yang akan mereka tawarkan tidak ubahnya seperti joystick yang ada di video game.

Keberadaan josytick itu menurut Carbuzz, Sabtu (9/12) terungkap melalui paten yang diajukan oleh Ferrari ke European Patent Register. Dari paten itu terlihat Ferrari mempersiapkan sebuah joysctik untuk mengemudikan mobil-mobil buatan Ferrari.

"Namun tidak seperti bayangan sebelumnya, joystick tersebut bukan untuk menggantikan setir mobil yang sebelumnya sudah ada," jelas Carbuzz.

Ferrari Siapkan Buat Joystick ala Video Game untuk Mobil Otonom Masa Depan

Joystick itu menurut Carbuzz justru merupakan upaya Ferrari untuk menyongsong era mobil otonom. Cepat atau lambat mobil yang bisa jalan sendiri memang akan segera hadir di jalanan.

Hal itu tidak bisa dipungkiri oleh Ferrari yang memang mengedepankan kesenangan berkendara. Dari situ mereka berupaya berkompromi dengan teknologi otonom.

Hanya saja mereka tidak serta merta langsung mengaplikasikan secara penuh teknologi otonom. Alih-alih mereka ingin memberikan sensasi yang sama seperti yang ditawarkan dengan teknologi otonom.

Caranya adalah memasang joystick di dalam mobil. Jadinya pengemudi bisa duduk dengan nyaman selama perjalanan. Tangan mereka juga tidak perlu harus siap sedia di setir mobil.

Alih-alih seluruh pergerakan mobil akan bisa dilakukan melalui joystick yang posisinya dibikin mendekat dengan posisi badan yang tengah duduk di jok mobil.

Ferrari Siapkan Buat Joystick ala Video Game untuk Mobil Otonom Masa Depan

"Posisi mengemudi tradisional dalam waktu lama dapat menjadi tidak nyaman dalam perjalanan panjang bebas hambatan. Diperlukan sebuah teknologi yang membuat posisi pengemudi jadi lebih rileks," tulis Ferrari dalam paten yang mereka ajukan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1894 seconds (0.1#10.140)