Desain Tesla Cybertruck Bersudut Runcing Dinilai Membahayakan

Kamis, 14 Desember 2023 - 11:17 WIB
loading...
Desain Tesla Cybertruck Bersudut Runcing Dinilai Membahayakan
Tesla Cybertruck . FOTO/ CARSCOOPS
A A A
LONDON - Desain Tesla Cybertruck yang bersudut runcing menuai kontroversi. Sejumlah pakar keselamatan khawatir bahwa rangka luar baja tahan karat yang kaku dapat melukai pejalan kaki dan pengendara sepeda serta merusak kendaraan lain di jalan raya.



Reuters baru-baru ini berbicara dengan enam pakar keselamatan jalan raya, mendapatkan analisis awal mereka terhadap video uji tabrak yang dirilis Tesla pada acara pengiriman.

Video tersebut tidak memiliki data apa pun yang dilampirkan, dan Tesla menolak merilis data apa pun untuk Cybertruck, jadi ini hanyalah analisis visual saja.

“Saya pribadi bukan ahlinya, namun saat pertama kali melihat kecelakaan itu, reaksi saya adalah rekaman tesnya tidak meyakinkan,” kata Reuters mengutip pernyataan tersebut.

Jika truk tidak berubah bentuk, bayangkan dampaknya terhadap kepala manusia dengan kecepatan tinggi.

“Kami berharap Tesla tidak membawa kendaraan ini ke Eropa. Kendaraan dengan ukuran, tenaga, dan berat seperti ini akan berakibat fatal bagi pejalan kaki dan pengendara sepeda jika terjadi kecelakaan,” kata Dewan Keselamatan Transportasi Eropa.

Ada kekhawatiran tentang truk dari setiap sudut pandang.

Tidak hanya berpotensi mencelakakan orang yang berada di dalam truk jika terjadi kecelakaan, namun juga dapat berakibat fatal bagi pejalan kaki dan pengendara sepeda.

Sementara itu, CEO Tesla, Elon Musk mengatakan dalam sebuah postingan media sosial, bahwa pihaknya sangat yakin Cybertruck akan lebih aman dibandingkan truk lain untuk penumpang dan pejalan kaki.

Perusahaan sebelumnya telah mengatakan, bahwa Tesla memiliki kapasitas untuk membaut lebih dari 125 ribu unit Cybertruck setiap tahunnya, dan Musk menambahkan ada potensi untuk meningkatkannya menjadi 250 ribu unit pada 2025.

Pengiriman pikap listrik yang sangat ditunggu-tunggu ini akan dimulai pada 30 November, hampir empat tahun setelah dipekenalkan oleh Musk disebuah acara di Los Angeles, Amerika Serikat.

"Kami bertujuan untuk menghasilkan sekitar 200.000 unit per tahun pada titik produksi. Mungkin sedikit lebih banyak, tapi saya tidak bisa cukup menekankan bahwa proses manufaktur jauh lebih sulit daripada desain awal,” kata Musk tentang Tesla Cybertruck yang tampak futuristik.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1594 seconds (0.1#10.140)