Sejarah Mazda, Pabrik Penyumbat Botol yang Kini Jadi Produsen Mobil Terkenal

Jum'at, 15 Desember 2023 - 13:21 WIB
loading...
Sejarah Mazda, Pabrik Penyumbat Botol yang Kini Jadi Produsen Mobil Terkenal
Mazda merupakan salah satu produsen otomotif asal Jepang yang cukup terkenal di dunia. Foto/Mazda
A A A
JAKARTA - Mazda merupakan salah satu produsen otomotif asal Jepang yang cukup terkenal di dunia. Hal itu karena inovasi dan kualitas produknya banyak disukai konsumen.

Sama halnya dengan produsen otomotif ternama yang lainnya, Mazda juga telah melewati perjalanan panjang untuk meraih kesuksesan. Bahkan Mazda memulai bisnisnya dari sebuah produsen sumbat botol biasa. Berikut sejarahnya.

Sejarah Berdirinya Mazda


Mazda didirikan pada tanggal 30 Januari 1920 dengan nama Toyo Cork Kogyo Co., Ltd. oleh Jujiro Matsuda di kota Hiroshima. Perusahaan ini awalnya memproduksi sumbat gabus untuk botol anggur dan sake.



Pada tahun 1927, Toyo Cork Kogyo mengubah namanya menjadi Toyo Kogyo Co., Ltd. dan mulai memproduksi peralatan mesin, seperti pompa, alat ukur, dan alat pertanian. Perusahaan ini juga mulai bereksperimen dengan pembuatan kendaraan roda tiga.

Namun perjalanan bisnisnya juga tidak selalu berjalan mulus. Melansir dari laman resmi Gaikindo, perusahaan yang satu ini juga pernah menghadapi kebangkrutan yang kemudian bisa diselamatkan oleh Hiroshima Saving Bank.

Selanjutnya pada tahun 1931, Toyo Kogyo meluncurkan produk pertamanya yang bernama Mazda-Go, sebuah kendaraan roda tiga yang mirip dengan sepeda motor dan memiliki bak untuk mengangkut barang di belakangnya. Mazda-Go menjadi populer di Jepang karena praktis, murah, dan hemat bahan bakar.

Selama Perang Dunia II, Toyo Kogyo berkontribusi dalam upaya perang Jepang dengan memproduksi senjata, amunisi, dan kendaraan militer. Salah satu produk yang dibuat oleh Toyo Kogyo adalah senapan tipe 99, yang digunakan oleh tentara Jepang.



Setelah perang berakhir, Toyo Kogyo kembali fokus pada produksi kendaraan sipil. Pada tahun 1949, Toyo Kogyo meluncurkan Mazda R360, sebuah mobil kecil yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Jepang yang sedang pulih dari perang. Mazda R360 pun menjadi mobil terlaris di Jepang pada tahun 1960.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.4111 seconds (0.1#10.140)