Gandeng PLN, Wuling Perkuat Komitmen Kembangkan Ekosistem Kendaraan Listrik

Minggu, 17 Desember 2023 - 14:10 WIB
loading...
Gandeng PLN, Wuling Perkuat Komitmen Kembangkan Ekosistem Kendaraan Listrik
Wuling resmi memulai kolaborasi strategis bersama tiga Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yaitu PLN Icon Plus, Bank Mandiri, dan Telkomsel, untuk memperluas jaringan pengisian daya. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Wuling Motors resmi meluncurkan mobil listrik kedua di Indonesia, yakni BinguoEV. Momentum ini juga dimanfaatkan untuk memperkuat ekosistem kendaraan listrik di Tanah Air.

Wuling resmi memulai kolaborasi strategis bersama tiga Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yaitu PLN Icon Plus, Bank Mandiri, dan Telkomsel. Wuling berencana memperluas jaringan pengisian daya yang dilengkapi dengan fasilitas fast charging.

“Wuling berkomitmen untuk terus berinovasi melalui produk kendaraan listriknya dan juga pengembangan ekosistem pendukungnya demi mewujudkan mobilitas ramah lingkungan bagi masyarakat Indonesia,” kata Arif Pramadana, Vice President Wuling Motors, di Jakarta Selatan, Jumat (15/12/2023).



Sebagai informasi, mobil listrik terbaru wuling ini menggunakan soket jenis IEC BB untuk pengecasan dengan arus DC alias fast charging. Sedangkan mobil listrik yang sudah beredar di Indonesia menggunakan tipe CCS.

Danang Wiratmoko, Product Planning Wuling Motors mengatakan pihaknya berencana menghadirkan fasilitas pengisian daya cepat dengan format IEC BB sebanyak 100 titik di berbagai wilayah Indonesia pada 2024, melalui kerja sama dengan EVPower.

“Jadi, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membangun stasiun pengisian cepat? Sebenarnya, ini ada hubungannya juga dengan pertumbuhan ekosistem secara keseluruhan,” ujar Danang.

Namun, Danang menegaskan Wuling tidak bisa berjalan sendiri dan terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk mengembangkan stasiun pengisian daya. Untuk itu, dijalin kerja sama dengan PLN untuk menyediakan SPKLU berjenis IEC BB.



“Secara teknis, kami sudah mempunyai kesiapan untuk membawa charger dengan tipe IEC BB ke Indonesia. Salah satu langkah pertamanya adalah memasukkan atau mengakui IEC BB menjadi standar SNI,” ucapnya.

Sambil menunggu kesiapan SPKLU tersebut, Wuling memastikan kendaraan listrik yang mereka jual mengusung konsep easy home charging. Ini memungkinkan pengguna melakukan pengisian daya dengan mudah di rumah.

Wuling BinguoEV ditawarkan dalam dua varian, yakni Premium Range 410 km, dan Long Range 333 km. Untuk pengisian daya di rumah menggunakan arus AC dengan output 7,7 kW, memakan waktu 5,5-6,5 jam.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1320 seconds (0.1#10.140)