Liburan Nataru Pakai Mobil, Perhatikan Komponen Ini Agar Perjalanan Nyaman

Senin, 18 Desember 2023 - 14:09 WIB
loading...
Liburan Nataru Pakai Mobil, Perhatikan Komponen Ini Agar Perjalanan Nyaman
Pengguna mobil perlu memperhatikan sejumlah hal sebelum melakukan perjalanan di Tahun Baru. Foto: Suzuki
A A A
JAKARTA - Kendaraan roda 4 diprediksi akan menjadi moda transportasi terbesar yang akan digunakan pada momen libut Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Diperkirakan sebanyak 26,03 juta jiwa (24,19 persen) warga akan bepergian dengan mobil pribadi.

Melihat banyaknya pergerakan masyarakat menggunakan mobil saat libur Nataru, kepadatan lalu lintas diyakini akan terjadi sejumlah titik. Oleh sebab itu, dibutuhkan kabin yang nyaman agar penumpang merasa tenang ketika menghadapi macet.

Kabin yang nyaman tercipta bekat kualitas udara yang bersih dan terasa sejuk. Untuk mencuiptakan kondisi seperti itu, kebersihan filter udara kabin perlu diperhatikan. Oleh sebab itu, pengecekan perlu dilakukan secara berkala.

“Udara bersih memiliki dampak langsung pada kesehatan. Salah satu cara terpenting untuk memastikan kualitas udara yang baik di dalam mobil adalah dengan mengganti filter kabin,” tulis Suzuki dalam keterangan tertulis.

Ini sejumlah manfaat pentingnya melakukan penggantian filter kabin secara rutin:

1. Mencegah Polusi dan Gas Beracun
Liburan Nataru Pakai Mobil, Perhatikan Komponen Ini Agar Perjalanan Nyaman

Filter berfungsi sebagai perlincungan pertama untuk melindungi penumpang dari polusi udara dan gas beracun. Tanpa filter yang bersih dan berfungsi optimal, partikel halus seperti debu, asap, dan zat beracun dari lingkungan jadi mudah masuk.

Jika polusi dan gas tersebut berhasil masuk ke mobil, maka akan terhirup oleh pengemudi dan penumpang. Paparan terus-menerus dapat menyebabkan masalah pernapasan, alergi, bahkan masalah kesehatan lain yang lebih serius.

2. Membersihkan dari Debris dan Serangga

Filter udara kabin tidak hanya menyaring partikel-partikel halus, tetapi juga berfungsi sebagai pelindung terhadap debris, daun, ranting, dan serangga yang mungkin masuk ke dalam kabin.

Terutama jika kendaraan sering terparkir di area dengan banyak pepohonan. Filter menjadi pertahanan utama terhadap benda-benda asing dari luar yang dapat mengganggu sistem udara dan kenyamanan selama berkendara.

3. Mencegah Bakteri dan Jamur
Liburan Nataru Pakai Mobil, Perhatikan Komponen Ini Agar Perjalanan Nyaman

Filter yang kotor dan sudah lama tidak diganti dapat menjadi tempat berkembang biak bagi bakteri dan jamur. Sebab, kelembaban yang terperangkap di dalam filter akan menciptakan lingkungan yang ideal bagi mikroorganisme.

Bakteri dan jamur yang berkembang dalam filter dapat menyebabkan bau tidak sedap di dalam mobil. Yang lebih serius lagi, kedua mikroorganisme tersebut dapat mempengaruhi kesehatan pengendara dan penumpang.

4. Mengoptimalkan Kinerja HVAC

Filter kabin memiliki dampak langsung pada kinerja sistem pemanas, ventilasi, dan pendingin udara (HVAC) dalam kendaraan. Ketika filter kabin bersih, udara yang masuk ke dalam kabin tidak terkontaminasi oleh kotoran dan partikel-partikel kecil.

Hal ini tidak hanya menjaga kualitas udara, tetapi juga membantu menjaga kinerja sistem AC, pemanas, dan ventilasi. Sebaliknya, filter yang kotor dan tersumbat dapat menyebabkan beban kerja berlebih pada sistem HVAC.


5. Menjaga Kesehatan Mesin Kendaraan

Selain bermanfaat bagi kesehatan pengemudi dan penumpang, penggantian filter udara kabin secara rutin juga berkontribusi penting bagi kesehatan mesin kendaraan secara keseluruhan.

Meskipun secara langsung tidak terkait dengan kesehatan manusia, kesehatan mesin kendaraan tetap menjadi faktor penting untuk memastikan kendaraan beroperasi denganbaikdanaman.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1461 seconds (0.1#10.140)