4 Alasan Harga Xmax di Jabodetabek Masih Tinggi di Akhir Tahun 2023

Selasa, 19 Desember 2023 - 18:05 WIB
loading...
4 Alasan Harga Xmax di Jabodetabek Masih Tinggi di Akhir Tahun 2023
Yamaha-motor. (Foto: Istimewa)
A A A
JAKARTA - Yamaha Xmax sering kali menjadi andalan bagi para pecinta otomotif yang mencari motor dengan body besar. Jika dibandingkan dengan Nmax, motor Xmax mempunyai dimensi yang sedikit lebih unggul dengan fitur lebih canggih.

Tak heran, walau termasuk yang mengalami depresiasi, namun motor bekas Xmax tetap berada di rentang kategori harga tinggi. Meski demikian, motor ini masih cenderung diminati banyak orang, terutama yang mengincar kenyamanan lebih saat berkendara.

Namun, apa saja yang menyebabkan harga Xmax cenderung tinggi dan stabil? Bagi Anda yang tertarik untuk memiliki motor bongsor buatan Yamaha ini, simak informasi lebih lengkap mengenai harga Xmax di artikel berikut.

Kenapa Harga Xmax Masih Tinggi?

Jika dibandingkan dengan harga barunya, Xmax bekas tentu sudah mengalami penurunan. Per Desember 2023, harga Xmax 250 Connected berada di angka Rp66 juta, sedangkan untuk tipe Xmax 250 Tech Max dibanderol Rp71,3 juta.

Sebagai referensi, harga motor Yamaha Xmax bekas di situs jual beli online OLX pada akhir tahun 2023 ini yaitu:

● Yamaha Xmax tahun 2017: Mulai dari Rp41 jutaan

● Yamaha Xmax tahun 2018: Mulai dari Rp43 jutaan

● Yamaha Xmax tahun 2019: Mulai dari Rp48 jutaan

● Yamaha Xmax tahun 2020: Mulai dari Rp50 jutaan

● Yamaha Xmax tahun 2021: Mulai dari Rp54 jutaan

● Yamaha Xmax tahun 2022: Mulai dari Rp55 jutaan

Walau tetap mengalami penurunan, namun, apa yang menyebabkan skuter maxi ini tetap berada di level kategori harga yang tinggi? Berikut ini beberapa alasannya:

1. Kapasitas Mesin yang Besar

Alasan utama kenapa harga Xmax bekas tergolong tinggi yaitu karena kapasitas mesinnya yang cukup besar dengan 250 cc SOHC. Mesin yang besar ini pun memberikan keunggulan lebih pada motor Xmax jika dibandingkan dengan skuter maxi populer lainnya seperti Nmax dengan mesin 155 cc.

Selain itu, mesinnya juga sudah menggunakan Liquid Cooled 4-stroke sehingga mampu mendinginkan mesin secara otomatis saat digunakan. Teknologi canggih ini cukup memberikan ketenangan kepada penggunanya yang suka bepergian dalam jarak jauh tanpa perlu khawatir mesin mengalami overheat.

2. Fitur Canggih yang Lengkap

Selain mesin, Anda juga akan menemukan banyak fitur canggih dan modern di motor Xmax. Sentuhan futuristik pun bisa Anda dapatkan lewat beberapa fitur revolusioner yang tersedia di motor sehingga menguatkan kesan mewah.

Dari sisi keamanan, motor ini sudah dilengkapi dengan double disc brake yang membuat cengkraman cakram saat pengereman jadi lebih kuat. Ada pula fitur traction control system yang dapat mengurangi risiko ban belakang mengalami slip saat digunakan di jalan raya.

Fitur keren lainnya adalah speedometer digital dengan layar LCD besar yang menampilan informasi terkait kondisi motor kepada pengendara. Teknologi smart key system yang terpasang juga menjadikannya semakin terlihat modern dan canggih.

Terlebih dengan adanya fitur answer back system dapat memudahkan pengendara saat mencari kendaraannya ketika tengah terparkir.

3. Sensasi Berkendara yang Nyaman

Kenyamanan adalah hal lain yang tidak dapat dimiliki semua sepeda motor. Nah, kenyamanan inilah yang bisa Anda temukan di Xmax yang juga membuatnya menjadi alasan tingginya harga ini untuk unit motor bekasnya.

Desain Yamaha Xmax memungkinkan pengendara untuk bisa duduk secara tegak yang membuat kontrol terhadap kendaraan jadi lebih baik. Pijakan kakinya juga bisa disesuaikan sehingga Anda bisa mencari posisi nyaman dan tidak mudah pegal saat melaju di jalan raya.

Windshield dan handlebars pada motor ini juga bisa disesuaikan sedemikian rupa secara manual untuk memberikan kenyamanan lebih.

4. Desain Modern dan Timeless

Alasan lainnya yang membuat harga Xmax bekas menjadi tinggi adalah desainnya yang modern dan timeless. Dengan begitu, menggunakan Xmax di jalan raya untuk beberapa tahun ke depan tidak akan membuat Anda mati gaya karena desainnya yang akan terus relevan dengan kebutuhan zaman di masa mendatang.

Kesan mewah juga bisa Anda rasakan dari penggunaan lampu depan dan belakang yang sudah LED. Selain itu, ada pula lampu hazard yang bisa digunakan saat Anda mengalami kondisi darurat di jalan raya.

Dimensi body yang besar juga memberikan keunggulan tersendiri saat membawa barang bawaan. Bahkan, bagian bagasi bisa Anda gunakan untuk menyimpan banyak barang bawaan hingga dua buah helm berukuran XL sekaligus.

Beberapa hal di atas juga termasuk yang masih jarang ditemukan di beberapa skuter maxi lainnya yang populer di Indonesia. Maka dari itu, tidak mengherankan apabila harga jual motor Xmax bekas saat ini masih tergolong tinggi untuk pasar otomotif Indonesia.

Nah, itulah beberapa hal yang menjadi alasan kenapa harga Xmax bekas pada akhir tahun 2023 ini di wilayah Jabodetabek berada di kategori tinggi.

Selain sebagai kendaraan harian, Xmax juga cocok untuk Anda yang ingin menjadikannya sebagai kendaraan hobi. Tertarik untuk membawa pulang unitnya ke garasi rumah Anda?
(irh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1792 seconds (0.1#10.140)