Libur Nataru, PLN Pastikan 624 SPKLU Siap Beroperasi

Selasa, 19 Desember 2023 - 19:40 WIB
loading...
Libur Nataru, PLN Pastikan 624 SPKLU Siap Beroperasi
624 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) tersebar di 411 titik strategis. (Foto: Dok PLN)
A A A
JAKARTA - Pengguna kendaraan listrik yang bakal berlibur Natal dan Tahun Baru (Nataru) bakal dimanjakan dengan keberadaan 624 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang tersebar di 411 titik strategis.

"Para pemudik atau masyarakat yang ingin liburan dengan kendaraan listrik kini tak perlu khawatir kehabisan baterai. Tersedia ratusan SPKLU dan petugas siaga yang siap memberikan layanan terbaik," kata Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo dalam keterangan resminya, Selasa (19/12/2023).

Di Nataru kali ini, tol Jawa diperkirakan akan menjadi tol terpadat digunakan masyarakat. PLN pun menyediakan SPKLU yang tersebar di lokasi rest area di tol Jawa dan tol trans Sumatera.

PLN telah menyiapkan 64 unit stasiun pengisian energi Electric Vehicle (EV) Charger di 38 titik SPKLU di sepanjang ruas Tol Trans Sumatera-Jawa. Seluruh informasi titiknya dapat dicek di aplikasi PLN Mobile.



Selain meningkatkan layanan EV Charger di ruas tol, PLN juga meningkatkan layanan di sejumlah kota di Indonesia. Sebanyak 26 unit EV Charger disiapkan di 21 lokasi SPKLU untuk wilayah Banten. Kemudian, sebanyak 113 EV Charger_tersebar di 43 lokasi SPKLU di wilayah Jakarta.

PLN juga mengoperasikan setidaknya 150 unit EV Charger yang tersebar di 125 lokasi SPKLU di Jawa Barat. Selain itu, sebanyak 50 EV Charger yang tersebar di 34 lokasi SPKLU di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta juga disiapkan untuk mendukung libur Nataru.Untuk wilayah Jawa Timur, disiapkan 62 unit EV Charger di 34 lokasi SPKLU serta 63 EV Charger di 29 lokasi SPKLU di wilayah Bali.



Penguatan layanan pendukung juga disiapkan di wilayah lain seperti Sumatera dengan 62 unit EV Charger di 51 lokasi SPKLU, Kalimantan dengan 37 unit EV Charger di 32 lokasi SPKLU serta 27 unit EV Charger di 18 lokasi SPKLU di Sulawesi.

Kemudian, untuk wilayah Nusa Tenggara, sebanyak 25 EV Charger yang tersebar di 16 lokasi SPKLU disiapkan untuk mendukung libur Nataru. Terakhir, 9 unit EV Charger di 8 lokasi SPKLU disiapkan untuk wilayah Maluku dan Papua.

"PLN terus melakukan transformasi untuk meningkatkan pelayanan pelanggan khususnya mendukung akselerasi ekosistem EV. Selain dukungan infrastruktur charging station, berbagai fitur di PLN Mobile juga menyediakan berbagai layanan untuk kemudahan pengguna EV,” kata Darmawan.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2403 seconds (0.1#10.140)