Toyota Indonesia Pastikan Kualitas Sesuai Standar di Tengah Isu Skandal Daihatsu

Jum'at, 22 Desember 2023 - 09:12 WIB
loading...
Toyota Indonesia Pastikan Kualitas Sesuai Standar di Tengah Isu Skandal Daihatsu
Toyota Indonesia telah melakukan penangguhan sementara pengiriman produksi beberapa model mobil di Indonesia, terutama yang dikembangkan bersama Daihatsu. Foto/IDX Channel
A A A
JAKARTA - Daihatsu memutuskan untuk menghentikan pengiriman sejumlah model imbas sekandal manipulasi uji tabrak. Hal ini juga terjadi pada Toyota, mengingat beberapa model yang mereka pasarkan di beberapa negara, termasuk Indonesia, diproduksi oleh Daihatsu.

Presiden Daihatsu Co. Ltd Soichiro Okudaira menyebut bahwa pihaknya secara resmi akan menghentikan seluruh pengiriman kendaraan yang terlibat skandal sampai batas yang tidak ditentukan.

“Berdasarkan hasil temuan, hari ini kami memutuskan semua kendaraan itu yang diproduksi di Jepang maupun luar negeri, pengirimannya akan diberhentikan sementara,” ujar Soichiro dalam konferensi pers yang dilakukan secara daring, Rabu (20/12/2023).



Toyota Indonesia mengakui pihaknya telah melakukan penangguhan sementara pengiriman dan produksi beberapa model di Indonesia. Terutama untuk produk yang dikembangkan bersama dengan Daihatsu.

Setidaknya, ada 64 model kendaraan yang terlibat skandal manipulasi hasil uji tabrak, dan 22 produk di antaranya dijual dengan merek Toyota. Produsen asal Jepang itu memastikan seluruh produk yang dipasarkan telah memenuhi kualitas Standar Nasional Indonesia (SNI).

“Didasari bahwa seluruh kendaraan Toyota (termasuk yang dikembangkan bersama dengan Daihatsu) dijual di Indonesia telah memenuhi aturan dan proses homologasi yang berlaku,” tulis pernyataan resmi tertulis Toyota Indonesia.

Meskipun sempat dilakukan penangguhan, aktivitas bisnis Toyota kembali normal hari ini, Jumat (22/12/2023). Namun, aktivitas ekspor belum bisa dilakukan karena harus mematuhi regulasi prinsipal.



“Setelah berkonsultasi mengenai tindakan selanjutnya, diputuskan bahwa proses pengiriman kendaraan termasuk model-model yang dikembangkan bersama dengan Daihatsu oleh Toyota Indonesia sudah kembali normal dimulai pada 22 Desember 2023 untuk memenuhi kebutuhan pelanggan di Indonesia,” bunyi pernyataan Toyota.

Daihatsu global menyebut terdapat 174 kejanggalan dalam sertifikasi uji keamanan dengan total 25 item yang diuji untuk 64 model, dan 3 mesin dari basis produksi Jepang dan luar negeri.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2428 seconds (0.1#10.140)