Mirip, Pickup Klasik Renha Formigao Leluhur Tesla Cybertruck?

Senin, 25 Desember 2023 - 22:00 WIB
loading...
Mirip, Pickup Klasik Renha Formigao Leluhur Tesla Cybertruck?
Renha Formigao adalah pickup klasik berbasis Volkswagen Beetle yang diproduksi dalam jumlah terbatas pada 1979. (Foto: Slash Gear)
A A A
JAKARTA - Desain unik Tesla Cybertruck dengan garis tajam dan detail sudut ternyata bukan yang pertama di dunia. Jauh sebelum mobil listrik buatan Tesla ini meluncur, sudah ada Renha Formigao alias Coyote. Kemiripan bentuk kedua pickup ini membuat Formigao dianggap leluhur Cybertruck.

Renha Formigao adalah pickup klasik berbasis Volkswagen Beetle yang diproduksi dalam jumlah terbatas pada 1979. Dilansir dari Slash Gear, Senin (25/12/2023), pickup ini merupakan karya Paulo Renha asal Brasil.

Dia pertama kali meluncurkan sebuah trike dengan mesin Beetle, kemudian pickup kecil yang pas di atas sasis Beetle. Gaya berjalan standar dan tidak dimodifikasi, tetapi bentuk tubuh persegi yang ditempatkannya membuatnya terlihat sangat tidak biasa, bahkan pada tahun 1980an, era di mana desain otomotif yang sudut mencapai puncaknya.

Kesamaan Desain yang Mengejutkan


Meskipun ukuran Formigao tak sama dengan Cybertruck, namun bentuk keseluruhan kedua kendaraan tersebut cukup mirip. Formigao memiliki bagian depan yang hampir datar. Kap mesin dan kaca depan terlihat seolah-olah duduk pada bidang yang sama, dan ini memberikan tampilan mirip Cybertruck.



Bentuk roda keduanya juga memiliki kemiripan, meskipun desain ini adalah bentuk umum kendaraan di era 1980an. Lantaran banyaknya kemiripan ini sejumlah orang menyebut Formigao sebagai leluhur Tesla Cybertruck.

Seandainya Formigao sedikit lebih besar, dengan desain dual-cab yang dapat menampung dua baris kursi dan garis atap yang condong ke belakang, kemiripannya dengan Cybertruck akan semakin tak terbantahkan. Body Formigao terbuat dari fiberglass, sehingga perlu dicat dengan warna perak yang terlihat seperti logam untuk sejajar dengan penyelesaian berbahan logam tanpa cat dari Cybertruck .



Terlepas dari kemiripan dan perbedaan di atas, Renha Formigao memiliki desain unik. Interiornya juga mewah, dengan kursi kulit berpenampilan sporty dan setir berdiameter kecil berdesain tiga jari.

Untuk urusan mesin, Renha Formigao menggendong mesin Volkswagen berkapasitas 1,6 liter. Dengan tenaga 58 daya kuda, Formigao menawarkan kinerja luar biasa, berkat bobotnya yang sangat ringan, hanya 756 kilogram. Formigao mampu membawa beban hingga 650 kilogram di baknya, yang memiliki volume muatan maksimum sebesar 25 kaki kubik.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1416 seconds (0.1#10.140)