Toyota Mobil Terlaris di Dunia, Catatkan Rekor Penjualan 1.067.446 Unit

Minggu, 31 Desember 2023 - 10:44 WIB
loading...
Toyota Mobil Terlaris di Dunia, Catatkan Rekor Penjualan 1.067.446 Unit
Toyota mencatatkan permintaan yang stabil di pasar Amerika Utara dan Eropa hingga produksi di seluruh dunia mencapai titik tertinggi sepanjang masa yaitu 1.067.446 unit. Foto/Cityam/The Japan Times
A A A
TOKYO - Toyota Motor Corp siap mempertahankan gelar sebagai produsen mobil terlaris di dunia, mengalahkan Volkswagen AG selama empat tahun berturut-turut. Toyota mencatatkan permintaan yang stabil di pasar Amerika Utara dan Eropa hingga produksi di seluruh dunia mencapai titik tertinggi sepanjang masa yaitu 1.067.446 unit.

Dikutip dari laman spokesman, Minggu (31/12/2023), penjualan global Toyota, termasuk anak perusahaan Hino Motors Ltd. dan Daihatsu Motor Co,naik 12% dari tahun sebelumnya menjadi 986.262 unit.

Toyota semakin memperkuat dominasinya dengan produksi mobil hibrida seiring dengan rencana ambisius untuk memproduksi kendaraan listrik secara massal. Rencana ini untuk mengejar ketertinggalan dari Tesla Inc. milik Elon Musk dan BYD Co dari China.



“Penjualan mobil hybrid Toyota naik 52% di bulan November, sementara penjualan baterai EV meningkat 227%. Penjualan Toyota di China juga naik 17% menjadi 164.524 unit, sementara produksi di sana naik 14%,” tulis spokesman.

Pekan lalu, Toyota terseret ke dalam skandal yang semakin besar setelah penyelidikan menemukan bahwa Daihatsu telah memanipulasi data uji keselamatan tabrakan sejak tahun 1989. Daihatsu akan menghentikan operasinya hingga Januari dan memberikan kompensasi kepada mitranya atas kerugian yang mereka derita, katanya minggu ini.
Toyota Mobil Terlaris di Dunia, Catatkan Rekor Penjualan 1.067.446 Unit


Toyota mengalami skandal yang berbeda tahun lalu dengan anak perusahaan besar lainnya, Hino, karena memalsukan data emisi. Belum jelas berapa besar kerugian yang ditimbulkan akibat skandal terbaru ini, dalam hal output, uang, dan kepercayaan pelanggan.

Daihatsu memasok mobil dan suku cadangnya ke Mazda Motor Corp, Subaru Corp, dan sejumlah merek besar lainnya. Penyelidik pihak ketiga memperingatkan bahwa banyak mobil merek Toyota dan Daihatsu perlu menjalani pemeriksaan keselamatan lagi untuk mendapatkan sertifikasi yang benar.



Produsen mobil Jepang akhir-akhir ini dilanda penarikan kembali. Menurut data Kyodo News, lebih dari 15 juta mobil telah ditarik kembali di seluruh dunia karena kerusakan pompa bahan bakar yang dipasok oleh Denso Co. Ini termasuk kendaraan yang diberi merek dan dijual oleh Toyota dan Honda Motor Co.

Pada bulan Juli, Nissan Motor Co menarik kembali hampir 1,4 juta mobil di seluruh AS, Eropa, dan Jepang karena beberapa masalah. Termasuk kendaraan yang tiba-tiba berakselerasi setelah keluar dari kendali jelajah dan korsleting yang dapat menyebabkan mesin berhenti saat mengemudi.

Produksi Nissan naik 27% dibandingkan tahun lalu menjadi 317.233 unit di bulan November, termasuk peningkatan sebesar 83% di China menjadi lebih dari 88.000 unit. Penjualan global naik 24%.

Produksi global Honda naik 27% menjadi 414.429 unit, peningkatan paling menonjol terjadi di Amerika Utara dan China. Penjualan domestik naik 13% menjadi 58.263 unit. Sementara itu, ketika BYD bersiap menyalip Tesla sebagai pembuat kendaraan listrik terlaris di dunia, kendaraan hibrida menjadi semakin dominan di Jepang.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3057 seconds (0.1#10.140)