Cara Menabung untuk Beli Mobil Impian di 2024

Senin, 08 Januari 2024 - 14:00 WIB
loading...
Cara Menabung untuk Beli Mobil Impian di 2024
Konsumen harus berhitung dan mempertimbangkan pendapatan sebelum memutuskan untuk membeli mobil di 2024. Foto: Sindonews
A A A
JAKARTA - Ingin punya mobil impian di tahun 2024 ini? Segera lakukan tips nabung anti-ribet, sehingga Anda bisa membeli mobil yang diinginkan di tahun ini.

Menabung menjadi cara mujarab dilakukan semua orang agar punya dana simpanan. Nantinya dana simpanan itu bisa digunakan untuk kebutuhan tertentu.

Bisa saja dana simpanan itu digunakan untuk memenuhi kebutuhan mendesak. Bisa juga dimanfaatkan untuk membeli mobil impian di tahun 2024.
Tentu saja menabung untuk membeli mobil secara tunai adalah yang paling disarankan.

Perlu dicatat, harga mobil baru paling murah yang ada saat ini adalah Daihatsu Ayla Tipe 1.0 L MT dengan harga Rp134 juta.

Dalam waktu 12 bulan, Anda perlu menyisihkan uang untuk ditabung Rp11,1 juta tiap bulannya. Tentu hal itu bisa saja dilakukan jika gaji bulanan yang diterima lebih dari uang yang ditabung.

Hanya saja bagi yang belum bisa menabung dengan skema tersebut, maka pembelian mobil secara kredit adalah yang paling realistis. Jadi uang yang disisihkan untuk ditabung dijadikan sebagai modal uang muka.

Nah, jika skema itu yang diinginkan, berikut langkah-langkah nabung anti-ribet untuk dapatkan mobil impian di 2024.

1. Tentukan target mobil

Hal pertama dan terutama yang harus kamu lakukan adalah menentukan target seperti mobil apa yang akan dibeli dan juga harganya. Target mobil setiap orang tentu berbeda-beda sebab kebutuhan dan kemampuan keuangan masing-masing orang juga berbeda.

Oleh karena itu, coba cari tahu dahulu apa sebenarnya mobil yang dibutuhkan, entah itu mobil jenis SUV atau sedan. Lalu, tentukan apakah bakal membeli mobil bekas pakai atau mobil baru dan metode pembayaran apa yang akan digunakan.

2. Susun rencana menabung

Jika sudah mengetahui kebutuhan, akan jauh lebih mudah menyusun rencana menabung yang realistis. Dalam rencana ini, Anda paling tidak perlu mengetahui beberapa hal seperti:

- Biaya keseluruhan pembelian
- Kredit yang akan digunakan
- Besar dana yang disisihkan dari penghasilan
waktu yang dibutuhkan
- Biaya keseluruhan pembelian mobil dan kredit bisa kamu riset melalui internet dan juga dari pihak bank.

Jika sudah mengetahuinya, coba hitung berapa banyak dana yang akan dialokasikan sebagai DP kredit dan jangka waktu serta besaran cicilan tiap bulan hingga lunas.

3. Sisihkan penghasilan bulanan

Setelah menyelesaikan rencana menabung yang realistis, Anda dapat segera memulainya dan terus konsisten menabung. Nah, walau gampang diucapkan, menabung kerap menjadi hal yang sulit dilakukan secara konsisten bagi beberapa orang.

4. Hindari pembelian yang tidak perlu

Hal terpenting dalam menabung adalah konsisten dengan jumlah yang sudah ditentukan, apalagi jika sudah memiliki target. Oleh sebab itu, coba hindari hal-hal yang sebenarnya tidak diperlukan sehingga mengganggu kemampuan untuk menabung. Nah, jika memiliki uang sisa, Anda mungkin bisa mempertimbangkan untuk menggunakannya sebagai tabungan tambahan.

5. Catat penghasilan dan pengeluaran

Walau terdengar klise, mencatat penghasilan dan pengeluaran atau budgeting akan bisa membuatmu lebih teratur dalam menabung. Pasalnya, dalam catatan budgeting Anda biasanya akan diminta untuk menyertakan besaran tabungan dari penghasilanmu.


6. Sisihkan bonus yang diterima

Sebagai karyawan, mungkin Anda akan mendapatkan bonus dari perusahaan dalam beberapa waktu. Nah, bonus seperti THR dan bonus tahunan adalah penghasilan yang tepat untuk menambah jumlah tabungan. Tidak perlu memberikan sepenuhnya untuk tabungan saja, bisa sisihkan sebagian persen saja.

7. Cari tahu pembiayaan terbaik

Informasi mengenai kredit mobil seperti besaran dan jangka waktunya sendiri bisa didapatkan pada situs-situs resmi bank. Cari yang memang tidak memberatkan Anda dikemudianhari.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2064 seconds (0.1#10.140)