Siap-Siap, Motor Knalpot Brong Bakal Ditilang dan Disita

Kamis, 11 Januari 2024 - 09:23 WIB
loading...
Siap-Siap, Motor Knalpot Brong Bakal Ditilang dan Disita
Penggunaan knalpot brong menyalahi aturan karena komponen yang terpasang bukan standar. (Foto: Dok SINDOnews)
A A A
JAKARTA - Maraknya penggunaan motor knalpot brong di jalanan sangat menganggu masyarakat. Langkah penindakan berupa penilangan hingga penyitaan motor bakal dilakukan.

Langkah tegas ini bakal diterapkan lantaran penggunaan knalpot brong merupakan salah satu jenis pelanggaran lalu lintas. Hal tersebut tertera dalam Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Polisi pun terus melakukan razia terhadap sepeda motor dengan knalpot brong yang menghasilkan suara bising. Seperti Polrestabes Bandung yang kerap melakukan razia motor knalpot brong. Sepanjang Januari-Desember 2023, mereka telah memusnahkan 11.230 knalpot brong.

Kaporlrestabes Bandung Kombes Pol Budi Sartono mengatakan akan terus melakukan giat operasi knalpot brong. Bahkan, tak segan untuk menyita motor bagi pengendara yang masih nekat melakukannya.



“Kami jajaran Forkompimda kota Bandung akan mendeklarasikan anti knalpot tidak standar atau knalpot bising. Sesuai Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 khususnya di pasal 285 bahwa kendaraan tidak sesuai spesifikasi knalpotnya bisa ditilang dan disita,” kata Budi dikutip dalam unggahan video di akun Instagram Polrestabes Bandung.

Penggunaan knalpot brong memang menyalahi aturan karena komponen yang terpasang bukan standar. Hal tersebut tertera dalam pasar 285 Undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

“Setiap orang yang mengemudikan motor di jalan tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan meliputi kaca spion, klakson, lampu utama, lampu rem, lampu penunjuk arah, alat pemantul cahaya, alat pengukur kecepatan, knalpot, dan kedalaman alur ban, sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (3) juncto Pasal 48 ayat (2) dan ayat (3), dapat dipidana dengan pidana kurungan paling lama satu bulan atau denda paling banyak Rp 250 ribu.”



Selain itu, suara knalpot juga diatur dalam Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup nomor 56 tahun 2019 tentang Baku Mutu Kebisingan Kendaraan Bermotor Tipe Baru dan kendaraan Bermotor yang sedang Diproduksi Kategori M, Kategori N, dan Kategori L.

Dalam aturan itu disebutkan motor berkapasitas kurang dari 80 cc tingkat maksimal kebisingan 77 dB, motor berkubikasi 80-175 cc tingkat maksimal kebisingan 80 dB, dan untuk motor di atas 175 cc maksimal bising 83 dB.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2263 seconds (0.1#10.140)